Apa Itu Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel dan Manfaatnya Untuk Pelanggan?

tanya veronika asisten virtual telkomsel

Apa itu Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel dan apa manfaatnya untuk pelanggan Telkomsel?

Singkatnya, Veronika adalah asisten virtual yang dapat dimanfaatkan pelanggan Telkomsel yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dan layanan Telkomsel dari mana pun selama 24 jam melalui aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp. Layanan termasuk informasi pulsa, tukar POIN Telkomsel, informasi lokasi GraPARI terdekat, isi pulsa dan banyak lagi.

Saya adalah salah satu dari jutaan orang yang sudah menggunakan layanan Telkomsel khususnya pada jaringan telekomunikasi. Kurang lebih sudah 10 tahun yang lalu. Selama itu saya tidak pernah sekali pun mengganti nomor ponsel. Saya menggunakan Telkomsel karena memiliki jaringan yang sangat stabil dan kuat, bahkan ketika saya berada desa terpencil dan perkebunan.

Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar yang ada di Indonesia. Sejak perusahaan didirikan pada tahun 1995 yang lalu, Telkomsel terus berinovasi untuk terus menyediakan layanan telekomunikasi terdepan.

Dengan itu Telkomsel menghadirkan sebuah layanan yang dapat membantu pelanggan mengakses informasi melalui salah satu teknologi asisten vitual yang diberi nama Veronika. Sejak resmi diluncurkan pada tahun 2017 yang lalu, Veronika Telkomsel sudah digunakan oleh jutaan pelanggan Telkomsel dan telah melakukan lebih dari ratusan juta percapakapan pesan teks.

Layanan asisten virtual ini dapat langsung digunakan pelanggan melalui aplikasi kirim pesan di Android. Dengan kecanggihannya, pengguna bisa melakukan percakapan atau chatting dengan Veronika layaknya sebagai seorang teman.

Cara Mengakses dan Menggunakan Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Pelanggan Telkomsel yang ingin mengakses layanan Tanya Veronika Asisten Virtual, Berikut adalah empat aplikasi kirim pesan yang mendukung layanan ini, yaitu WhatsApp, LINE, Telegram dan Facebook Messenger.

cara mengakses veronika asisten virtual telkomsel

Veronika dapat digunakan oleh semua pelanggan Telkomsel, karena itu tidak ada batasan usia untuk menggunakan layanan ini, baik pelajar, mahasiswa dan para profesional. Berikut adalah cara bertanya kepada Veronika melalui masing-masing daftar aplikasi pesan yang telah disebutkan di atas.

1. WhatsApp

tanya veronika asisten virtual di WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi layanan kirim pesan yang sangat populer. Aplikasi WhatsApp sudah diinstal sebanyak 5 miliar kali.

Jumlah tersebut bisa saja terus bertambah melihat jumlah smartphone yang juga makin bertambah setiap harinya.

Untuk menggunakan Veronika Telkomsel di WhatsApp sangatlah mudah. kalian hanya perlu menambahkan kontak WhatsApp Telkomsel. Untuk detailnya kalian bisa perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Instal aplikasi WhatsApp (Android dan iOS).
  2. Buka aplikasi WhastApp.
  3. Klik link berikut ini untuk menambahkan Veronika dalam daftar halaman chatting WhatsApp kalian.
  4. Kalian bisa mulai obrolan menggunakan Veronika di WhatsApp dengan mengetikkan kata “Hai” atau “Halo”.
  5. Kemuadian kalian akan menerima pesan balasan untuk memasukkan nomor Telkomsel.
  6. Selanjutnya, kalian akan menerima kode OTP melalui SMS yang dikirim ke nomor Telkomsel. Inputkan kode tersebut dan kalian sudah bisa menggunakan layanan Veronika Asisten Virtual Telkomsel.

2. Facebook Messenger

tanya veronika asisten virtual di facebook messenger

Kepopuleran aplikasi pesan teks membuat Facebook membangun aplikasi pesan sendiri yaitu dengan memisahkan Facebook Mesengger dari media sosial Facebook. Facebook Messenger sebelumnya adalah fitur pengiriman pesan yang tersedia di platform media sosial Facebook.

Facebook Mesenger telah di instal sebanyak 1 miliar kali di Google Play. Berikut adalah cara menggunakan Veronika di aplikasi Facebook Messenger.

  1. Instal aplikasi Facebook Messenger (Android dan iOS).
  2. Buka aplikasi dan klik link berikut untuk menambahkan Veronika kedalam aplikasi Facebook Messenger.
  3. Pilih teman Veronika dan ketik “Hai” atau “Halo” dalam kotak pesan untuk memulai percakapan.
  4. Masukkan kode OTP yang dikirim dan inputkan untuk verifikasi.
  5. Selesai. Kalian bisa lanjut menggunakan Asisten Virtual ini untuk layanan yang diinginkan di Facebook Messenger.

3. Telegram

tanya veronika asisten virtual di telegram

Sama seperti aplikasi pesan sebelumnya, Telegram juga merupakan aplikasi pengiriman pesan teks yang dapat digunakan di smartphone dan perangkat komputer.

Telegram memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi pesan lainnya, yaitu dapat digunakan pada multi device.

Telegram bisa digunakan di komputer walau smartphone sedang tidak aktif menggunakan aplikasi. Sedangkan aplikasi WhatsApp harus aktif di smartphone untuk bisa digunakan di komputer atau laptop.

Berikut adalah cara menggunakan Veronika Asisten Vitrual Telkomsel di aplikasi Telegram.

  1. Instal aplikasi Telegram (Android dan iOS).
  2. Buka aplikasi Telegram.
  3. Tambahkan kontak Telegram Veronika dengan mengklik link berikut ini.
  4. Ketik kata “Hai” atau “Halo” untuk memulai percakapan.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor Telkomsel.
  6. Inputkan kode tersebut dan kalian sudah bisa lanjut menggunakan Veronika di aplikasi Telegram.

4. LINE

tanya veronika asisten virtual di LINE

Seperti WhatsApp, LINE adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk aktivitas berkirim pesan secara gratis di perangkat smartphone.

Aplikasi LINE disediakan untuk semua perangakat yang menggunakan sistem operasi populer seperti Android, iOS, dan Windows. Berikut adalah detail bagaimana cara untuk menggunakan Veronika melalui aplikasi LINE.

  1. Instal aplikasi LINE di smartphone (Android dan iOS).
  2. Buka aplikasi LINE dan klik link berikut untuk menambahkan Veronika kedalam aplikasi LINE.
  3. Klik tombol “Obrolan”.
  4. Sama seperti sebelumnya, kalian bisa memulai percakapan dengan mengetikan kata “Hai” atau “Halo”.
  5. Kalian akan menerima pesan balasan yang sama, yaitu perintah untuk memasukkan nommor telepon dan menginputkan kode OTP untuk dapat melakukan percakapan lebih lanjut dengan Veronika.

Sepertinya Tanya Veronika Asisten Virtual di aplikasi LINE tidak berjalan mulus. Tidak ada respon dari Asisten Virtual seperti balasan otomatis.

Untuk kendala ini saya belum tahu juga apa masalahnya. Pihak Telkomsel sepertinya harus memeriksa masalah ini.

Selain empat aplikasi pesan diatas, kalian juga dapat bertanya kepada Veronika melalui aplikasi MyTelkomsel atau langsung menggunakannya melalui web browser komputer atau laptop dengan mengakses situs web Telkomsel.

Sebelumnya pastikan kalian sudah mengaktifkan nomor Telkomsel. Karena kalian wajib untuk memasukan kode OTP atau kode verifikasi yang dikirim ke nomor Telkomsel untuk dapat menggunakan layanan ini lebih maksimal.

Layanan Asisten Virtua ini dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel yang menggunakan kartu AS dan kartu SimPATI. Layanan ini sementara tidak bisa digunakan pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.

Aturan Menggunakan Asisten Virtual Telkomsel

Sebenarnya tidak ada aturan khusus yang dapat merugikan pengguna ketika menggunakan layanan. Namun sebagai pengguna, kalian harus tetap memperhatikan peraturan berikut agar percakapan kalian dengan asisten virtual berjalan baik.

Berikut adalah peraturan yang harus kalian ikuti.

  1. Jika kalian salah memasukkan kode OTP 3 kali, interaksi dengan asisten virtual akan terblokir selama 5 menit.
  2. Jangan memintan lebih dari tiga kali kode OTP, jika itu dilakukan maka interaksi akan terblokir 5 menit.
  3. Usahakan jangan salah ketika menginputkan kode OTP, jika salah sebanyak 9 kali interaksi akan terblokir selama 1×24 jam.
  4. Jika salah memasukkan nomor ponsel Telkomsel sebanyak 3 kali, maka interaksi akan terblokir selama 5 menit.

Syarat dan Ketentuan Menggunakan Asisten Virtual Telkomsel

Berikut ini adalah syarat dan kententuan menggunaka layanan Veronika agar aman dan terhindar dari sanksi.

Pertama. Pengguna dilarang menggunakan bahasa-bahasa yang kasar, bahasa yang berbau ponografi, vulgar dan bahasa yang tidak sopan saat bertanya menggunakan Veronika Asisten Virtual.

Kedua. Dilarang merusak nama baik, menggunakan bahasa mengancam, menghina atau melecehkan orang lain atau melecehkan nama badan usaha, instansi dan sebagainya.

Ketiga. Dilarang melakukan kegiatan spamming ketika menggunakan layanan Asisten Virtual Telkomsel seperti mengirimkan pesan tiap waktu tanpa henti dengan perintah yang tidak jelas.

Keempat. Dilarang menulis dan mengirimkan pesan berisikan pernyataan yang dapat memicu konflik SARA.

Kelima, Dilarang melakukan kegiatan yang mengacu pada pelanggaran keamanan layanan Asisten Virtual Telkomsel.

Keenam. Dilarang untuk mengirimkan segala jenis media seperti gambar, video, audio, link tautan dan dokumen apapun yang mengandung copyright dan mengandung pornografi.

Ketujuh. Dilarang melakukan segala macam bentuk ilegal akses Asisten Virtual Telkomsel dan memberikan informasi palsu yang berdampak kerugian pada pihak lain.

Kedelapan. Dilarang melakukan segala macam bentuk atau hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Pengalaman Pribadi Menggunakan Veronika Asisten Virtual WhatsApp Untuk Mengisi Pulsa

Ini adalah pengalaman pribadi saya ketika menggunakan layanan Veronika. Pada hari Senin, 08 Februari 2021 kemarin saya berkunjung ke perpustakaan Provinsi yang berada di Kota Jambi.

perpustakaan provinsi jambi

Saya ke perpustakaan Provinsi untuk membaca buku koleksi terbaru di perpustakaan yang biasanya ditambahkan setiap Senin.

Sebenarnya ada dua perpustakaan yang ada di Kota Jambi, yang pertama adalah Perpustakaan Provinsi dan yang kedua adalah Perpustakaan Kota.

Saya lebih suka ke Perpustakaan Provinsi dibandingkan ke Perpustakaan Kota, selain koleksi buku yang lebih lengkap Perpustakaan Provinsi selalu menyediakan koleksi buku-buku baru untuk di baca.

Bacaan kesukaan saya adalah mengenai teknologi dan bisnis digital. Tapi sebenarnya kalau sudah sampai ke perpustakaan rasanya ingin membaca semua buku yang bagus di setiap kategorinya. 🙂

baca buku di perpustakaan jambi

Saat sedang membaca buku, tiba-tiba handphone saya bergetar, ternyata saudara saya yang berada di rumah menelpon dan ketika saya angkat terdengar sapaan:

“Biaya telepon ini akan dibebankan oleh penerima telepon. . . “.

Mbak Telkomsel 🙂

Biasanya kalau ada pesan seperti ini, penerima telpon yang akan membayar biaya percakapan.

Saya pun langsung menekan tombol pilihan yang diberikan untuk menggunakan pulsa saya. Terdengar lagi sapaan:

Maaf pulsa Anda tidak mencukupi. . .

Mbak Telkomsel 😀

Ternyata pulsa saya dalam keadaan habis. Agak malas memang untuk turun dari lantai tiga perpustakaan untuk membeli pulsa di konter.

Karena saya sudah mendapatkan informasi sebelumnya tentang Veronika, saya pun mencoba layanan pembelian pulsa. Aplikasi yang saya gunakan untuk mengakses layanan Veronika Telkomsel saat itu adalah WhatsApp.

Saya langsung menambahkan Veronika kedalam aplikasi WhatsApp dan mulai mengetikkan kata “Hai” untuk memulai percakapan.

Tidak lupa saya pun memasukan kode OTP.

Ternyata Veronika langsung membalas pesan dengan cepat.

Pesan balasan yang saya terima pertama kali berisikan informasi pulsa saya yang Rp 0 dengan total kuota data juga 0 KB. LOL.

Selanjutnya saya langsung memilih pilihan yang diberikan pada pesan balasan yang saya terima tersebut. Saya ketik angka 1 pada kotak pesan di WhatsApp untuk layanan pembelian pulsa.

Akan muncul pesan balasan yang berisikan daftar nominal pulsa.

Daftar nominal isi pulsa yang tersedia pada layanan ini mulai dari yang terkecil yaitu Rp 50.000 sampai yang terbesar Rp 300.000.

Saya memilih yang Rp 50.000, maka saya ketik angka 1 pada kotak pesan.

Catatan: Kalian harus memiliki aplikasi LinkAja untuk melanjutkan transaksi pengisian pulsa ini. Karena pembelian pulsa akan otomatis dipotong menggunakan saldo uang yang ada di LinkAja.

Ok. Pembelian pulsa sudah selesai.

Pulsa saya sudah terisi tanpa harus pergi kemana-mana, saya pun langsung menghubungi saudara saya yang sebelumnya menelepon.

Ternyata saudara saya memberikan sebuah kabar penting dan mengharuskan saya untuk pulang.

Bagi kalian yang belum mengerti, ini saya sertakan video ketika saya melakukan pembelian pulsa menggunakan Veronika. Beberapa bagian video saya edit karena mengandung privasi.

Itulah pengalaman saya menggunakan layanan Asisten Virtual Telkomsel yang memudahkan saya melakukan pembelian pulsa Telkomsel. Apa pengalaman kalian menggunakan layanan ini?

Kesimpulan

Pada tahun 2017, Telekomsel telah meluncurkan aplikasi pesan teks otomatis bernama Veronika dan pelanggan Telkomsel dapat memanfaatkan Veronika untuk mengakses layanan Telkomsel selama 7×24 seperti:

  1. Informasi pulsa dan paket data.
  2. Tukar POIN.
  3. Informasi lokasi GraPari.
  4. Kirim paket ke teman.
  5. Beli paket (Data, Telepon, SMS dll).

Semua pelanggan Telkomsel dapat mengakses layananan ini secara gratis melalui aplikasi pesan WhatsApp, LINE, Telegram dan Facebook Messenger yang sudah terinstal di smartphone atau komputer.

Ketika saya melakukan eksplor lebih jauh, ternyata Veronika juga bisa digunakan untuk bermain kuis loh! Kalian tinggal ketikan kata “Kuis” jika ingin bermain kuis bersama Veronika.

Fitur-fitur lainnya yang saya temukan dalam layanan ini adalah kalian bisa mendapatkan informasi seperti destinasti wisata, informasi ide makanan hingga informasi seputar artikel lifestyle.

Nah, jadi tunggu apa lagi, ayo coba Veronika sekarang juga! Asisten Virtual yang benar-benar bisa memudahkan.