Resep Bola-Bola Kentang Keju Mozarella

resep bola-bola kentang keju lumer

Keserbagunaan kentang memang tiada duanya. Sangat praktis bisa dijadikan olahan apasa saja.

Resp bola-bola kentang keju mozarella adalah olahan lain makanan berbahan dasar kentang. Jika kalian ada stok kentang yang belum diolah, harus coba resep bola-bola kentang ini.

Kentang yang kriuk dan meleleh keju mozarella sangat nikmat untuk dijadikan camilan kapan saja.

Fakta Gizi

Komposisi kentang didominasi oleh karbohidrat. Namun demikian kentang juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh.

Kentang nyaris tidak mengandung lemak, kalori pada kentang pun tergolong rendah. Satu buah kentang rebus ukuran sedang (100 gram) mengandung hanya sekitar 90 kalori.

Kandungan serat pada kentang adalah jenis serat yang bisa menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus besar, sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, serat ini juga diketahui dapat mengontrol gula darah.

Resep Bola-Bola Kentang Keju Mozarella

Bahan:

Adonan kentang

  • Kentang – 200 gram
  • Garam – 1/8 sdt
  • Tepung serbaguna – 2 sdm
  • Keju mozarella – secukupnya
  • Minyak goreng – secukupnya

Bahan celupan

  • Telur – 1 butir
  • Susu – 20 ml
  • Tepung serbaguna – 50 gram
  • Tepung roti – secukupnya

Cara membuat:

  1. Membuat adodan kentang. Kupas dan kukus kentang sampai matang sekitar 20 menit. Hancurkan kentang yang telah dikukus dengan penghancur kentang atau sendok. Tambahkan tepung , garam dan uleni adodan kentang hingga lembut.
  2. Membulatkan kentang. Potong keju mozarellah dengan ukuran seperti dadu. Ambil adodan kentang yang sudah jadi dengan berat 25 gram. Bulatkan dan pipihkan. Letakkan keju mozarella diatasnya lalu bungkus keju dengan adodan kentang. Bualtkan hingga keju benar-benar terbalut. Lakukan hingga adodan kentang habis. Biarkan selama 30 menit.
  3. Membuat adodan celupan. Campurkan semua bahan celupan keculai tepung roti. Aduk hingga adodan celupan halus.
  4. Menggoreng bola-bola kentang. Celupkan bola-bola kentang kedalam adodan celupan. Angkat dan guling-gulingkan di tepung roti hingga terbalut merata. Lakukan kesemua bola-bola kentang. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng bola-bola kentang selama 3 menit hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan bola-bola kentang.
  5. Menghidangkan bola-bola kentang. Nikmati bola-bola kentang dengan saus celupan.