Resep Couscous, Makanan Yang Berhasil Masuk Warisan Budaya UNESCO

resep couscous

Baru-baru ini UNESCO telah mengumumkan makanan couscous masuk dalam daftar warisan budaya tak benda.

Apa itu Couscous dan dari mana asalnya?

Couscous adalah makanan yang terbuat dari semonila atau biasa disebut dengan gandum durum. Banyak juga ditemui couscous yang terbuat dari jagung dan gandum.

Makanan ini adalah makanan pokok yang populer di negara-negara mediterania, timur tengah dan afrika utara.

Couscous berhasil masuk kedalam daftar warisan dunia tak benda setelah empat negara yaitu Aljazair, Maroko, Tunisia, dan Mauritania mengusung agar hidangan couscous.

UNESCO pun memberikan pujian kepada keempat negara tersebut. UNESCO menyebutnya sebagai “contoh kerja sama internasional.”

Karena rasanya hambar, couscous biasanya disajikan dengan berbagai makanan lezat layaknya ketika makan nasi seperti semur pedas, daging, ikan, atau sayuran, yang membuat hidangan tersebut semakin nikmat.

Fakta Gizi

Ada dua jenis tepung semonila atau gandum durum ini. Pertama semonila yang bertekstur halus (fine semolina flour) dan tepung semonila yang bertekstur kasar (coarse semolina flour).

Semolina memiliki kadar protein lebih tinggi dibandingkan tepung terigu biasa.

Tepung ini juga sering digunakan untuk campuran membuat pasta. Juga bisa digunakan untuk taburan pada roti, pizza, cake, puding, aneka dessert, dan berbagai jenis masakan untuk memberikan efek crunchy.

Semolina juga lebih kaya serat dibandingkan tepung terigu.

Kekurangan pada tepung ini adalah mudah berbau tengik. Ini karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Jadi sebaiknya simpan semolina di dalam chiller.\

Resep Membuat Couscous

cara memasak couscous

Memasak couscous sangatlah mudah. Kita bisa membuatnya dalam panci di atas kompor atau dalam mangkuk menggunakan microwave.

Bahan:

  • 300 ml air (bisa menggunakan kaldu ayam, kaldu tulang atau sayuran)
  • 1 cup Couccous instan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Membuat Couscous. Didihkan air didalam panci. Setelah air mendidih tambah garam, minyak zaitun dan couscous instan. Ada rata. Diamkan selama 5 menit dalam api kecil sampai couscous mengembang. Selanjutnya aduk -aduk couscous yang sudah matang dengan garpu sampai gumpalan couscous terpecah-pecah.
  2. Couscous siap untuk dinikmati.