Resep Membuat Jus Apel Hijau Enak dan Menyehatkan

resep jus apel hijau

Jika kamu kepikiran kalau minum jus itu cara yang sehat untuk dapetin vitamin dan mineral, resep jus apel hijau ini cocok untuk dicoba.

Warna-warna buah apel di dunia ini bermacam-macam.

Jenis apel untuk jus ada yang punya warna merah, kuning, hujau, hijau kemerahan, hijau keungu-unguan dan lain sebagainya.

Kalau di Indonesia sendiri jenis apel yang paling dikenal ya apel malang. Apel malang kalau sudah matang tetap berwarna hijau dan ada sedikit warna kemerahan.

Fakta Gizi

Sepertinya enggak usah ragu lagi untuk mencoba resep cara membuat jus apel hijau ini.

Apel sudah menjadi salah satu jenis buah-buahan yang paling sehat dan bergizi. Beberapa manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes, dan merupakan sumber serat.

Karena jus buah apel 90% adalah air itu sangat baik sebagai makanan untuk orang sakit yang sangat berisiko mengalami dehidrasi.

Itulah sebabnya, kalau pasien dirumah sakit itu di berikan jus atau buah apel langsung untuk dikonsumsi. Selain lebih mudah juga tidak menimbulkan rasa mual di perut.

Resep Jus Apel Hijau

Bahan:

  • Apel hijau – 4 buah
  • Madu – 2 sdm

Cara membuat:

  1. Cuci bersih buah apel.
  2. Potong-potong buah apel menjadi beberapa bagian dan buang bijinya.
  3. Ambil blender dan masukkan buah apel yang sudah dipotong-potong kedalamnya. Blender buah apel sampai halus. Tambahkan madu dan blender sebentar.
  4. Tuang kedalam gelas.
  5. Jus apel hijau siap disajikan.

Coba juga resep membuat selai apel yang sehat.

Tips

Tambahkan sedikit air ketika memblender buah apel jika blender yang digunakan kurang kuat.

Bisa juga menambahkan beberapa bahan lain kedalam jus buah apel hijau ini seperti daun seledri dan jahe.

Jus buah apel ini sebaiknya langsung dimun setelah dibuat ya, agar nutrisinya tetap utuh. Paling lambat 2 jam setelah jus buah apel dibuat.

Jus apel hijau bisa bertahan selama 3 hari jika disipan didalam lemari es dengan menggunakan wadah/gelas yang tertutup rapat. Semakin lama disimpan, nutrisi dalam jus apel hijau juga akan berkurang.

Jus apel hijau beku bisa bertahan antara 6-9 bulan. Namun, proses pembekuan juga dapat memengaruhi rasa, jadi sebaiknya mencicipinya dahulu sebelum mengonsumsinya.