Resep Pita Bread Sederhana Pasti Jadi dan Kopong

resep pita bread

Resep Pita Bread ini bisa dibuat hanya dengan beberapa bahan sederhana dan murah.

Ada yang sudah tahu Pita Bread itu apa?

Pita Bread atau Roti Pitta adalah salah satu jenis roti khas timur tengah yang kepopulerannya sudah sangat mendunia.

Roti ini seperti sudah menjadi makanan pokok di timur tengah dan untuk menikmatinya bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan.

Pita Bread berbentuk bulat dan kopong pada bagian tengahnya. Kopong pada roti inilah yang menandakan kalau Pita Bread yang dibuat itu sukses.

Fakta Gizi

Pita Bread memiliki kalori yang rendah dibandingkan dengan roti gandum lainnya. Roti ini sianggap paling sehat bagi mereka yang ingin mnurunkan berat badan.

Pita Bread banyak mengandung vitamin dan mineral.

Dalam satu porsi, Pita Bread mengandung 5.5 gram protein dan 33 garam karbohidrat serta lebih dari 6 gram serat.

Resep Membuat Pita Bread Sederhana

Bahan:

  • 325 gram tepung serba guna
  • 1 sdt ragi instan (yeast) kering
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak sayur)
  • 237 ml air hangat

Cara membuat:

  1. Cek ragi masih aktif. Caranya dengan mencampurkan setengah air hangat ragi dan gula. Diamkan selama 10 menit. Jika muncul gelembung-gelembung maka ragi masih aktif dan bisa digunakan.
  2. Mengulen adonan. Dalam wadah mixer pembuat roti, masukkan tepung, garam. dan larutan air ragi yang masih aktif. Uleni dengan kecepatan rendah-sedang hingga adonan kalis, elastis dan tidak lengket ketika disentuh, kurang lebih membutuhkan waktu 10 menit. Jika tidak memiliki mixer pembuat roti, dapat menguleni adonan dengan tangan.
  3. Proofing adonan. Keluarkan adodan dari mixer dan siapkan mangkuk. Semprotkan atau olesi mangkuk dan adonan dengan minyak sayur. Tutup dengan handuk dapur bersih dan tempatkan di tempat yang hangat (tidak di atas 100F). Biarkan adonan mengembang selama sekitar 1-2 jam atau hingga ukurannya dua kali lipat.

Cara membentuk memanggang Pita Bread

  1. Keluarkan adonan dan letakkan ke permukaan yang sudah ditaburi tepung dan bagi menjadi 8 bagian yang sama. Bentuk setiap bagian menjadi bola, lalu ratakan menjadi bentuk lempengan. Dengan menggunakan penggilas adonan, gilas setiap lempengan adonan Pita Bread di atas permukaan bertepung hingga ketebalan tidak lebih dari 1/4 inci.
  2. Jika adodan sudah pipih sempurna, diamkan selama15 menit. Panaskan oven dengan suhu 500F. Jika tidak punya oven untuk emamnggang Pita Breat bisa menggunakan kompor dan wajan anti lengket.
  3. Panggang Pita Bread hingga bagian tengah menggembung selama 3 menit untuk setiap sisinya. Lakukan hingga semua adodan Pita Bread habis.
  4. Diamkan sebentar Pita Bread hingga dingin pada suhu ruang.
  5. Pita Bread siap dinikmati bersama olahan makanan lainnya seperti kari, sambal, gulai daging kambing dan lain sebagainya.

Tips

Pita Bread dapat bertahan lama jika disimpan dengan benar. Ambil Pita Bread dan masukkan kedalam plastik. Lalu tempatkan kedalam lemari pendingin.

Panaskan sebentar Pita Bread diatas wajan agar roti menjadi hangat sebelum disajikan.