16 Macam Jenis Bahan Pengganti Micin dan MSG Untuk Penyedap Masakan

macam-macam bahan pengganti micin dan msg untuk penyedap

Nggak ada kaitannya mengkonsumsi micin atau MSG dengan kebodohan. Karena penelitian sudah menyebutkan, kalau micin itu tidak membuat seseorang menjadi bodoh.

Bodo itu hadir karena nggak mau belajar. Jadi jangan salahin micin lagi ya. Karena memang tidak ada kaitannya sama sekali.

Micin atau MSG dalam bahasa kimianya bernama Monosodium Glutamat. Apakah sudah tahu darimana senyawa ini berasal? Sehatkan untuk dikonsumsi?

Sejarah micin atau MSG dimulai dari negeri matahari terbit, yaitu Jepang. Berterima kasihlah kepada bapak micin yaitu Kikunae Ikeda.

Siapa dia? Dia adalah seorang ilmuan Jepang, dia folus meneliti berbagai masakan yang menambahkan rumput laut didalamnya.

Dia ceritanya penasaran, kenapa ya masakan yang menggunakan rumput laut pasti enak. Dia pun merasa bahwa pada rumput laut terdapat sebuah rasa yang unik.

Masakan yang mengguankan rumput laut memiliki rasa lezat campur gurih yang berbeda dari asam, asin, manis, dan pahit seperti yang lidah bisa kecap. Rasa itu bernama Umami.

Micin masih aman di gunakan pada masakan, asalkan menggunakannya dengan takaran yang wajar yaitu 0,5−1,7 gram per hari.

Jika berlebihan apa yang terjadi? Daftar gejala ini akan timbul jika mengkonsumsi micin secara berlebihan.

  1. Kerusakan sel saraf
  2. Asma
  3. Obesitas dan kegemukan
  4. Sakit kepala dan hipertensi
  5. Merusak sel
  6. Kerusakan ginjal dan depresi

Nah, jika bagi orang yang sudah trauma menggunakan micin, ada beberapa bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti micin pada masakan. Apa saja? Yuk simak bersama.

1. Garam

Garam adalah bumbu yang alami untu ditambahkan dalam masakan. Namun, agar rasa masakan memiliki rasa yang enak, tetap harus menambahkan bahan dan rempah-rempah lain untuk mendukung timbulnya rasa yang enak pada masakan.

2. Terasi

Terasi berasal dari hasil olahan udang rebon. Terasi pun memiliki rasa khasnya tersendiri. Terasi lebih umum digunakan dalam makanan Asia Tenggara. Tambahkan secukupnya jika ingin memberi rasa sedap pada makanan.

3. Kecap Asin

Selain bisa digunakan sebagai pengganti garam, kecap asin juga bisa digunakan sebagai bahan pengganti micin. Rasa kecap asin pun lebih gurih karena mengandung sedikit bahan kedelai di dalamnya.

4. Bawang

Segala macam jenis bawang-bawangan bisa digunakan sebagai bahan pengganti micin. Penggunaan bawang akan memberikan aroma dan citarasa yang enak untuk masakan.

5. Keju

Dalam berbagai makanan Barat, keju mungkin menjadi salah satu penyedap alami yang menambah gurih berbagai makanan karena rasanya yang asin dan creamy, seperti pasta, sup dan lain sebagainya.

6. Saus Tiram

Saus tiram bisa digunakan sebagai bahan atau bumbu pengganti micin. Saus tiram terbuat dari ekstrak tiram yang gurih, dan lebih umum digunakan untuk makanan Asia.

7. Kaldu

Beberapa jenis kaldu seperti kaldu daging, seafood dan kaldu yang berasal dari sayuran juga dapat digunakan sebagi pengganti micin. Kaldu adalah penyedap dan mencipta rasa yang kaya. Pilih saja mana yang dibutuhkan.

8. Jamur

Jamur secara alami ternyata memiliki kemampuan menyedapkan masakan, bahkan ada kaldu jamur yang banyak dijual di pasaran. Cukup tambahkan potongan jamur ke dalam masakan untuk menambah kesedapan makanan.

9. Ikan Teri

Terbuat dari ikan, ikan teri memiliki atoma dan rasa guih alami dan biasa digunakan untuk tambahan membuat kaldu sup atau langsung dijadikan tambahan masakan tumisan.

10. Petis

Ini adalah salah satu penyedap alami khas Indonesia yang tak bisa diabaikan. Meski mungkin penggunaannya terbatas namun petis yang dibuat dari seafood sangat efektif menambah gurih dan sedapnya makanan.

11. Udang Rebon dan Ebi

Udang rebon dan ebi memiliki cita rasa yang gurih. Udang rebon dan ebi dibuat dari udang kecil-kecil yang sudah dikeringkan ini juga pas ditambahkan pada masakan.

12. Gula

Gula jika ditambahkan kedalam masakan dengan takaran yang pas bisa menghasilkan rasa yang tidak kalah dengan menggunakan micin. Selain penambah rasa, gula juga bisa berfungsi sebagai pengental makanan, menghasilkan warna dan juga sebagai pengawat alami.

13. Multitional Yeast

Mirip dengan MSG tetapi jauh lebih sehat dan alami dibandingkan MSG. Nutritional yeast memiliki rasa mirip keju sehingga nutritional yeast juga disebut sebagai keju vegetarian. Nutrtional yeast juga sangat kaya gizi lho! Dalam Nutritional yeast mengandung Vitamin B, dan folat.

14. Rumput Laut

Penggunaan rumput laut ini sendiri bisa dibuat dengan cara direbus menjadi kaldu yang multi fungsi sebagai sup, tambahan saus maupun sebagai tambahan pada tumisan yang tentunya menghasilkan rasa yang umami.

15. Lada

Lada dapat digunakan untuk memberikan rasa pedas pada makanan. Lada hitam dan putih dapat memberikan sentuhan yang berbeda pada masakan, ditambah dengan aromanya yang khas membuat bumbu ini ideal untuk menambah aroma sekaligus rasa yang nikmat.

16. Tomat Segar

Tomat segar sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti sop, soto, dan salad untuk memberikan rasa asam yang segar. Namun, tahukah kalian kalau tomat juga kaya glutamate yang memberikan rasa umami atau gurih alami. Untuk memperkuat rasa umami ini, tomat bisa diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Demikianlah daftar bahan makanan yang bisa digunakan sebagai bahan pengganti micin pada masakan. Silahkan untuk mencobanya.