Resep Membuat Pancake Kentang Isi Keju Yang Praktis

resep pancake kentang keju

Bagi kamu yang sangat menyukai hidangan terbuat dari kentang, olahan yang satu ini mungkin bisa kamu coba sebagai camilan.

Hampir rata-rata semua orang menyukai olahan dari kentang. Mungkin ada juga orang yang tidak menyukai kentang dan berbagai olahan berbahan kentang, tapi jumlahnya sedikit.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas salah satu olahan makanan berbahan dasar kentang yang memiliki rasa cukup enak, yaitu pancake kentang.

Pancake kentang ini akan dipadukan dengan keju mozzarella sebagai isiannya. Tentunya akan tambah enak lagi rasanya.

Fakta Gizi

Ada beberapa kandungan nutrisi pada kentang yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin C.

Beberapa manfaat vitamin C yaitu berperan penting dalam pembentukan kolagen dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C adalah antioksidan yang kuat, vitamin C dapat menstabilkan atau menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, sehingga membantu mencegah kerusakan sel.

Kentang berukuran sedang dengan berat 5,3 ons dapat menyumbang 30% dari nilai vitamin C harian.

Untuk pria usia 19 tahun ke atas, kebutuhan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin C adalah 90 mg per hari. Untuk wanita usia 19 tahun ke atas, RDA adalah 75 mg per hari.

Resep Membuat Pancake Kentang Isi Keju

resep membuat pancake kentang keju

Bahan :

  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • Keju mozarella secukupnya
  • 4 sdm tepung kentang
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara membuat :

  1. Potong-potong kentang berbentuk dadu.
  2. Didihkan air, lalu rebus kentang hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Masukkan kentang kedalam wadah, hancurkan kentang hingga hancur. Tambahkan garam, gula dan tepung kentang. Aduk hingga rata. Untuk menambah rasa bisa menambahkan sedikit lada.
  4. Ambil sedikit kentang, pipihkan dan isi dengan keju mozzarella. Bulatkan hingga keju tertutup kentang, dan pipikan sedikit. Lakukan hingga kentang habis.
  5. Siapkan pan anti lengket diatas kompor. Tambahkan sedikit minyak. Dengan api sedang, panggang pancake kentang hingga warna kecokelatan. Angkat dan sisihkan.
  6. Pancake kentang siap dinikmati.

Tips

Hancurkan kentang ketika kentang masih dalam keadaan panas atau hangat. Kentang yang panas akan lebih mudah untuk di hancurkan.