Terapkan Tips #NgemilBijak Agar Ngemil Tetap Enak dan Tubuh Tetap Sehat

tips ngemil bijak

Ngemil merupakan suatu kegiatan mengkonsumsi makanan di sela waktu makan besar. Biasanya makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan ringan dan tidak mengenyangkan.

Diantara sebagian orang berpendapat, ngemil adalah kegiatan yang tidak sehat dan dapat menambah berat badan. Apakah pendapat ini benar? Yuk simak jawabannya dengan terus membaca artikel ini.

Sebenarnya ngemil tidak terlalu mempengaruhi berat badan menjadi naik, itu kembali lagi pada apa makanan yang kita konsumsi saat ngemil. Apakah cemilan yang kita konsumsi itu sehat atau tidak.

Tentunya jika kita bijak dalam memilih makanan untuk ngemil, kegiatan ngemil dapat membuat kita mendapatkan tambahan asupan energi menjelang menunggu tiba saatnya untuk makan besar.

Agar ngemil tidak mengakibatkan menambah berat badan, kita juga harus memahami berapa jumlah kalori yang dibutuhkan pada tubuh kita per harinya.

Hitungannya sederhana, berat badan akan bertambah jika kalori yang masuk kedalam tubuh melebihi batas jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh.

Dimisalkan jika tubuh kita perharinya hanya butuh asupan kalori sebanyak 2500 kalori, maka kita tidak boleh melebihi batas tersebut. Jika melebihi batas tersebut, makan otomatis berat badan akan naik.

Kecuali jika kita sedang menjalani diet tertentu seperti untuk menambah berat badan, tentunya kita harus mengkonsumsi jumlah kalori lebih dari kebutuhan kalori harian.

Itu juga harus dibarengi dengan olahraga, agar kalori yang masuk bisa diubah menjadi otot bukannya lemak.

Tips Ngemil Bijak Agar Tetap Sehat

Bagai seorang ibu, haruslah cerdas dalam memilih camilan untuk keluarga, terlebih untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Camilan sendiri bisa diperoleh dengan membuat sendiri dirumah atau membelinya.

Kalau bisa, buatlah camilan sendiri. Alasannya, dengan membuat camilan sendiri kita bisa mengetahui apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan.

Kita juga bisa menilai apakah bahan yang digunakan ini baik untuk keluarga kita atau tidak.

Namun jika harus membeli camilan, bagi seorang ibu seperti kita haruslah tepat memilih camilan yang ingin dibeli. Salah satunya harus memperhatikan komposisi pada kemasan.

Disarankan untuk selalu menghindari camilan yang terlalu banyak mengandung penyedap rasa seperti micin atau MSG dan juga pewarna buatan.

Dipasaran, setidaknya ada beberapa merk snack yang mengandung tinggi MSG, diantaranya adalah :

  • Cheetos (1,20%)/kemasan
  • Chitato dengan rasa sapi panggang (1,06%)/kemasan
  • Chiki dengan rasa keju (0,76%)/kemasan
  • Happytos Torpilachips (0,71%)/kemasan
  • Golden Horn dengan rasa keju (0,46%)/kemasan
  • Smax dengan rasa ayam (0,57%)/kemasan
  • Taro Snack dengan rasa rumput laut (0,62%)/kemasan
  • Gemez dengan rasa ayam panggang (0,59%)/kemasan
  • Anak Mas dengan rasa keju (0,52%)/kemasan

Sedangkan makanan snack yang mengandung penyedap rasa tetapi tidak mengandung MSG diantarnaya adalah :

  • Zetz dengan rasa ayam bumbu mamamai (0,50%)/kemasan
  • Twistko dengan rasa jagung barbeque (1,59%)/kemasan
  • Double Decker Snack dengan rasa ayam (0,48%)/kemasan
  • Twistee Corn (0,47%)/kemasan

Tentunya selain daftar diatas, masih banyak lagi merk dan jenis snack yang mengandung MSG dan penyedap rasa yang cukup tinggi beredar di pasaran.

Oleh karena itu membuat sendiri camilan di rumah lebih direkomendasikan agar keluarga bisa mendapatkan asupan gizi yang sehat. Apalagi camilan yang kita buat berasal dari bahan yang alami.

Camilan sehat yang bisa ibu-ibu coba seperti membuat camilan dari ubi rebus, bisa ubi rambat atau ketela pohon dan pisang rebus. Lebih alami tentunya juga lebih sehat.

Boleh-boleh saja sesekali ngemil makanan ringan pada daftar yang disebutkan diatas, namun tetap perhatikan takaran dan jumlahnya pun tidak terlalu berlebihan.

Snack Sehat Untuk Ngemil

Dari pada memilih camilan yang kurang sehat seperti es krim, coklat dengan pemanis buatan, chiki penuh MSG, berikut beberapa remomendasi camilan sehat yang bisa dicoba.

1. Buah

Selain bisa menunda rasa lapar, memanfaatkan buah untuk ngemil juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Apalagi buah adalah salah satu jenis makanan yang mengandung gula alami.

Kita bisa memilih jenis buah yang bisa dibawa kemana-mana seperti pisang, apel, stroberi, pear, anggur, jeruk dan beberapa jenis buah kecil lainnya.

2. Telur

Kita bisa menyisipkan satu sampai dua butir telur rebus kedalam tas sebagai makanan camilan ketika berada dikantor atau tempat kerja.

Selain mengenyangkan dan dapat menunda rasa lapar, telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti protein, vitamin K2 dan B12.

Tentunya akan sangat bermanfaat untuk tubuh.

3. Yogurt

Segar dan sehat. Yogurt mengandung kalsium, serat, protein dan prebiotek yang baik untuk usus.

Pilih yogurt dengan rasa plain untuk camilan. Jika ingin rasa yang lebih enak, bisa menambahkan sedikit gula atau bisa juga dicampur dengan beberapa potong buah-buahan.

4. Popcorn

Popcorn bisa kita gunakan sebagai penggan chiki. Popcorn terbuat dari jagung dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Kita bisa membuat popcorn sendiri dirumah atau membelinya yang sudah siap santap.

Popcorn juga bisa dikreasikan dengan berbagai rasa, seperti karamel, keju dan sebagainya.

3 Tips #NgemilBijak

  1. Sebelum ngemil, kenali isyarat tubuh kita mengapa ingin ngemil, misalnya apakah karena merasa lapar ataukah perlu untuk mengembaikan mood.
  2. Selanjutnya, pilihlah camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, tentunya dengan mempertimbangkan posi camilan dan waktu ketika ngemil.
  3. Selalu perhatikan bagaimana kita ngemil, dengam memaksimalkan indra kita, karena kita akan dapar mengenali isyarat tubuh, kapan harus berhenti ngemil.

Tetap sehat walau ngemil itu mudah asalkann kita selalu bijak dalam melakukan kegiatan ngemil.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis https://bit.ly/lombablogngemilbijak