Cara Makan Jenis-Jenis Sushi Yang Benar

cara makan sushi yang benar

Mau berencana makan Sushi? Apa sudah tahu bagaimana cara makan Sushi yang benar? Sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara makan Sushi yang benar biar nggak bikin malu.

Ada banyak jenis Sushi dan kesemuanya memiliki cara makan yang berbeda. Sushi adalah makanan asal Jepang yang sangat populer.

Dibuat dari nasi, daging ikan atau seafood. Sayuran bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Sushi biasanya dimakan dengan mencelupkannya ke dalam saus.

Shoyu sendiri adalah kecap asin asal Jepang yang memiliki banyak jenis. Beberapa diantaranya seperti koikuchi, usukuchi, tamari, saishikomi, shiro.

Tentunya SUshi tidak asal dicelupkan ke dalam Shoyu, ada cara yang baik untuk melakukannya. Berikut adalah cara makan jenis-jenis Sushi yang benar.

1. Cara makan Sashimi

Dalam satu porsi Sashimi biasanya terdapat Wasabi. Mencampur langsung Wasabi ke dalam Shoyu ternyata adalah hal yang salah untuk dilakukan dan merupakan cara makan Sashimi yang salah.

Wasabi memiliki aroma yang harum dan memiliki rasa pedas. Jika langsung mencampurkannya ke dalam Shoyu, aroma Wasabi akan hilang.

Jadi cara makan Sashimi adalah dengan mengambil sedikit Wasabi dan letakkan di bagian atas Sashimi. Kemudian celupkan Sashimi ke dalam Shoyu.

2. Cara makan Nigiri

Nigiri disajikan dengan nasi dan neta. Nasinya dibuat dari campuran nasi, cuka, garam dan gula. Neta sendiri adalah potongan dari berbagai daging ikan. Kadang juga sayuran dan buah-buahan.

Penyajian Nigiri, neta diletakkan di atas nasi. Cara umum makannya dengan mencelupkan Nigiri kedalam Shoyu.

Mengambil salah satu dari neta dan nasi adalah cara makan Nigiri yang salah. Neta dan nasi harus dimakan bersama sekaligus.

Jangan mencelupkan nasi kedalam Shoyu terlebih dahulu, ini akan membuat rasa Shoyu mendominasi. Yang harus dicelupkan pertama kali adalah neta. Namun jika tidak terbiasa ini akan sulit dilakukan.

Makan Nigiri dengan Sumpit

Triknya, jika menggunakan sumpit balikkan dulu Nigiri ke sisi kiri.

Baru angkat dengan sumpit dan celupkan bagian neta dari Nigiri kedalam Shoyu. Jangan terlalu lama mecelupkannya, untuk menghindari rasa unik dan gurih Nigiri berkurang.

Makan Nigiri dengan Tangan

Hampir sama dengan menggunakan sumpit. Pertama balikkan dulu Nigiri ke sisi kiri dan ambil dengan jempol, jari telunjuk dan jari tengah.

Pegang Nigiri dengan keadaan terbalik dengan Neta yang menghadap ke bagian bawah. Celupkan Nigiri ke dalam Shoyu dan langsung makan sekaligus.

3. Cara makan Gunkan

Gunkan juga termasuk dalam salah satu jenis Sushi. Arti dari Gunkan adalah kapal. Karena itu Sushi Gunkan mirip dengan kapal.

Dibuat dari nasi yang dibalut dengan Nori atau Rumput Laut. Terkadang ada juga yang balutannya menggunakan timun yang diiris tipis.

Setelah digulung, baru deh dibagian atasnyaditambahkan beberapa lauk seperti potongan daging ikan, telur ikan, daging bulu babi sampai potongan buah seperti alpukat.

Gunkan disajikan bersama Shoyu dan Jahe yang diris tipis. Cara makan Sushi Gunkan yang benar adalah dengan mencelupkan irisan Jahe ke Shoyu. Lalu oleskan Shoyu yang ada pada irisan Jahe ke bagian atas Gunkan.

Nori pembukus pada Gunkan mudah basah dan lengket, jadi jangan kelamaan ya untuk mengoles Shoyunya.

4. Cara makan Hosomaki

Selanjutnya adalah cara makan Sushi Hosomaki. Hosomaki adalah jenis Sushi gulung.

Dibuat dengan nasi yang digulung dengan Nori. Pada bagian tengahnya bisa diisi isian seperti daging ikan, sayuran dan buah.

Cara makan Sushi Hosomaki yang benar adalah langsung ambil Hosomaki dengan sumpit dalam posisi tegak. Alasannya, jika kamu tidak memegangnya dengan posisi tegak, shari-nya akan terlalu basah oleh shoyu. Hati-hati ya!

Itulah beberapa cara yang benar untuk makan berbagai jenis Sushi. Jangan sampai salah lagi ya. Semoga bermanfaat.

JapaneseStation