5 Daftar Minyak Sayur Paling Sehat, Minyak Sayur Kamu Diurutan Berapa?

daftar minyak sayur paling sehat untuk memasak

Banyak jenis minyak sayur yang tersedia di pasasaran, seperti di supermarket yang beberapa diantara menglklaim adalah minyak sayur yang paling sehat.

Pasti kamu masih ingat dengan iklan minyak sayur yang dapat diminum?

Iklan tersebut ingin menunjukkan bahwa minyak sayur tersebut lebih sehat untuk digunakan daripada minyak sayur yang lain.

Tapi sebenarnya, semua minyak sayur bisa langsung diminum, tapi sebaiknya jangan kamu dilakukan.

Karena kegiatan meminum minyak sayur adalah salah satu metode uji coba minyak sayur yang disebut dengan organoleptic, yaitu dengan memasukkan dan dirasakan di rongga mulut.

Pengertian Minyak Sayur

Minyak sayur adalah hasil dari ektraksi lemak atau minyak dari biji-bijian, sayuran hingga bagian tertentu dari buah-buahan.

Beberapa contoh minyak dari biji-bijian adalah minyak biji bunga matahari, minyak wijen, canola hingga minyak kacang kedelai.

Untuk contoh minyak yang berasal dari bagian tertentu dari buah adalah seperti minyak zaitun dan minyak kelapa sawit.

Lalu minyak sayur mana yang paling sehat untuk digunakan? Terus baca tulisan ini untuk mengetahuinya.

Daftar Minyak Sayur Sehat

Di acara-acara memasak, tampaknya minyak zaitun kelihatan lebih sehat dibandingkan dengan minyak sayur lainnya.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak atau bisa langsung dimasukkan kedalam campuran sayuran dan buah untuk membuat salad.

Sebenarnya sehat atau tidaknya minyak goreng bisa dilihat dari titik didih minyak. Jika berlebihan memberikan titik didih, minyak sayur akan berubah menjadi tidak sehat.

Berikut dalah daftar minyak sayur sehat dikutip dari Tempo.co berserta titik didihnya.

1. Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak ini diekstraksi dari buah zaitun dengan metode mekanis yang tidak mengubah kandungan alami pada buah zaitun.

minyak zaitun untuk memasak dan memanggang

Ini membuat minyak zaitun memiliki banyak rasa, vitamin mineral, senyawa fenolik dan bahan kimia lainnya yang ditemukan pada buah zaitun.

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ini karena di dalam minyak ini memiliki kandungan oleat, asam lemak omega-9 tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh tunggal memiliki fungsi dapat menurunkan kolesterol LDL jahat, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Beberapa kadungan antioksidan pada minyak zaitun juga dapat memberikan perlindungan sel dalam tubuh dari radikal bebas yang merusak dan dianggap berkontribusi pada penyakit kardio vaskular.

Titik Didih Minyak Zaitun Extra Virgin

Titik didih minyak zaitun berada antara 162-190 derajat Celsius. Minyak ini cocok digunakan untuk menumis, membuat saus dan membuat dressing.

2. Minyak Alpukat

manfaat minyak alpukat untuk memasak

Buah alpukat sudah dikenal sebagai salah satu buah sehat baik masih dalam bentuk buah atau sudah diekstraksi menjadi minyak sayur.

Minyak alpukat kaya akan asam oleat, asam lemak omega-9 tak jenuh tunggal dan antioksidan.

Menurut penelitian telah menunjukkan minyak alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kolesterol HDL dan meningkatkan kesehatan pada jantung.

Titik Didih Minyak Alpukat

Minyak alpukat memiliki titik didih pada suhu 271 derajat Celsius. Minyak alpukat memiliki rasa netral dan menjadikannya minyak goreng serbaguna yang sehat. Minyak alpukat dapat digunakan untuk semua jenis masakan yang membutuhkan penggunaan api besar.

3. Minyak Almond

Selain baik dikonsumsi langsung untuk diet, kacang almond juga bisa diekstraksi menjadi minyak.

kandungan minyak almond

Minyak almond mengandung berbagai nutrisi seperti asam lemak omega-3, Vitamin E, magnesium dan tembaga.

Minyak juga mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sama seperti minyak alpukat dan zaitun, minyak almond juda baik untuk jantung.

Titik Didih Minyak Almond

Titik didih minyak almond mencapai suhu 215 derajat Celsius yang cocok digunakan untuk menumis dan memanggang.

4. Minyak Wijen

minyak wijen dapat membuat jantung lebih sehat

Minyak wijen adalah salah satu minyak yang kaya akan rasa dan aroma yang enak, apalagi minyak wijen yang sedang dipanaskan.

Pengguna bisa menambahkan minyak wijen pada masakan untuk menambah rasa seperti tumisan, sayurang panggang, saus dan menu masakan lainnya.

Minyak wijen tinggi akan antioksidan dan bisa mengurangi peradangan.

Minyak ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Pada penelitian menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang rutin mengkonsumsi minyak wijen berpengaruh pada pengontrolan gula darah.

Titih Didih Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki titik didih yang lumyan tinggi yaitu suhu 212-232 derajat Celsius yang cocok digunakan untuk menumis dan memanggang.

5. Minyak Kelapa

manfaat minyak kelapa untuk kolesterol

Minyak kelapa adalah pilihan yang baik ketika memasak pada suhu yang tinggi. Minyak ini terdiri dari 90 persen lemak jenuh. Ini yang membuatnya lebih tahan terhadap panas.

Berlainan dengandaftar minyak sebelumnya. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadal kolesterol HDL dan juga bisa meningkatkan kolesterol LDL.

Para peneliti menyarankan agar menggunakan minyak ini tidak terlalu berlebihan, apalagi bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat.

Titik Didih Minyak Kelapa

Ada dua jenis minyak kelapa, pertama yang disebut dengan virgin coconut oil dan refined coconut oil. Virgin coconut oil memiliki titik didih 176-190 derajat Celsius dan refined coconut oil memiliki titik didih 200-232 derajat Celsius.

Minyak ini sangat cocok digunakan untuk menumis dan memanggang.

Demikianlah pembahasan tentang daftar minyak sayur paling sehat yang bisa digunakan untuk memasak. Semoga bermanfaat.

Source gambar by Pexels