4 Alat Masak Untuk Membuat Hidangan Jepang


Beberapa alat memasak biasanya ada yang di buat dan digunakan untuk membuat hidangan yang khusus.

Ini membuat kita harus memiliki beberapa alat memasak yang beraneka ragam. Diantaranya adalah alat memasak untuk membuat hidangan Jepang.

Seperti beberapa alat masak wajan misalnya yang dibuat beraneka ragam bentuk. Itu untuk menyesuaikan bagaimana penggunaannya.

Jika diantara kalian ingin membuat hidangan ala Jepang. Berikut adalah alat memasak yang harus dimiliki.

1. Wajan Khusus Omelet

Di Jepang jarang sekali kita jumpai omelet dalam bentuk tipis melingkar. Biasanya orang Jepang membuat omelet dengan menggulungnya.

alat masak untuk membuat omelet jepang

Seperti hidangan Tamagoyaki adalah telur dadar khas Jepang. Tamagoyaki juga telur dadar yang sangat simple dan menjadi teman makan nasi.

Tamagoyaki dibuat dengan telur yang digulung. Meski pada dasarnya bisa dibuat dengan wajan biasa, namun jika menggunakan alat masak khusus Tamagoyaki yang dihasilkan akan lebih cantik.

Karena itu disarankan untuk menggunakan wajan khusus untuk membuat Tamagoyaki ini. Wajan untuk membuat Tamagoyaki berbentuk persegi panjang dengan bagian sisi yang cukup tinggi.

2. Tempura Friying Pot

Olahan masakan populer lain di khas Jepang adalah Tempura. Tempura terbuat dari sayuran yang di lapisi tepung lalu di goreng.

Tempura memiliki tekstur renyah. Dapat di makan bersama nasi atau hanya dimakan begitu saja sebagai camilan.

alat masak untuk membuat tempura jepang

Tips sukses membuat Tempura adalah pada cara mengorengnya. Tempura digoreng menggunakan minyak panas dengan jumlah banyak.

Untuk menggoreng Tempura adalah wajan khusus yang dinamai dengan Tempura Frying Pot. berbentuk persegi empat panjang. Hampir sama dengan wajan membuat omelet Jepang, tapi mempunyai cekungan yang lebih dalam.

Itu agar bisa memuat banyak minyak.

Tidak hanyak untuk menggoreng Tempura, wajan ini juga bisa digunakan untuk menggoreng ayam, kentang dan olahan makanan lainnya yang membutuhkan banyak minyak.

3. Parutan

Beberapa hidangan Jepang biasanya elalu ditemani dengan berbagai acar. Bisa terbuat dari loba, jahe atau wortel.

alat untuk memarut lobak jepang

Untuk membuat acar yang enak, orang Jepang selalu memiliki parutan khusus untuk membuatnya.

Parutan ini digunakan untuk memotong tipis bahan yang akan dibuat acar agar teksturnya lebih mudah untuk dikonsumsi.

Seperti lobak misalnya yang harus di parut menggunakan parutan khusus. Ini karena lobak memiliki banyak serat. Pilihlah parutan dengan mata pisau yang tajam ketika hendak memarut lobak.

4. Suribachi

Suribachi adalah alat sejenis lumpang yang digunakan untuk menggiling biji-bijian. Alat ini sering digunakan untuk membuat salah satu hidangan Jepang dengan nama Goma-ae.

alat untuk menggiling bumbu di jepang

Goma-ae adalah hidangan sayuran yang direbus menggunakan saus wijen. Nah alat ini digunakan untuk menghaluskan biji wijen.

Selain untuk menumbuk biji wijen, alat ini juga biasanya digunakan untuk menghaluskan kentang ketika hendak membuat salad kentang.

Nah itulah beberapa alat yang harus dimiliki untuk menghadirkan hidangan Jepang yang sempurna. Selamat berburu alat masak Jepang ini ya.