Tips Cara Mengolah Jamur Enoki Agar Tetap Aman Untuk Di Konsumsi

Tips Cara Mengolah Jamur Enoki Agar Tetap Aman Untuk Di Konsumsi

Beberapa waktu lalu, santer terdengar berita bahawa telah ditemukan bakteri di jamur Enoki.

Bakteri itu bernama Listeria monocytogenes. Bakteri ini termasuk jenis bakteri jahat yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Karena sebab itu Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PPKKP) Kementerian Pertanian (Kementan) telah memusnahkan jamur Enoki yang beredar di pasaran.

Lalau bagaimana agar jamur enoki tetap aman di konsumsi?

Menurut laporan sudah ditemukan kasus akibat bakteri ini. Tercatat ada 36 orang yang terjangkit bakteri ini di 17 negara.

Empat diantaranya meninggal dunia.

Jamur Enoki (Flammulina veluptipes) adalah varietas jamur berbatang putih dengan topi kecil yang merupakan tanaman asli China, Jepang, dan Korea.

Fakta Gizi

Menurut data USDA, secangkir enoki berukuran 65 gram mengandung 24 kalori.

Selain itu, jamur ini juga kaya akan vitamin B3, D, B5, zat besi, fosfor, tembaga, asam amino, dan nutrisi lainnya.

Manfaat lain jamur enoki adalah mengurangi tingkat gula darah, tekanan darah, dan kolesterol. Senyawa bioaktif dalam enoki memiliki sifat antikanker dan antitumor.

Gejala Bakteri

Listeria monocytogenes merupakan bakteri patogen penyebab penyakit bernama Listeriosis.

Bakteri ini berasal dari lingkungan lembab.

Bakteri tetap dapat tumbuh dan hidup di suhu dingin.

Hewan peliharaan juga dapat menyebarkan bakteri di lingkungan rumah jika mereka makan makanan yang terkontaminasi Listeria monocytogenes.

Gejala ringan dapat berupa demam, nyeri otot, mual, muntah, dan diare, termasuk sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang.

Orang yang terinfeksi Listeria monocytogenes mungkin mulai melihat gejala dalam beberapa jam atau selama dua hingga tiga hari setelah makan makanan yang terkontaminasi.

Mengolah Jamur Enoki Agar Aman di Konsumsi

Bateri adalah salah satu jenis makhluk hidup yang akan mati jika terkena paparan dengan suhu panas tinggi.

Tak terkecuali dengan Listeria monocytogenes, yang akan mati jika terpapar suhu panas.

Karena itu kita harus mengetahui suhu panas yang pas agar bakteri Listeria monocytogenes yang terdapat pada jamur enoki bisa mati. Sehingga jamur enoki tetap aman untuk di konsumsi.

Sebelum mengolah jamur enoki, baiknya mencuci jamur sampai bersih dengan air yang mengalir.

Bakteri L. monocytogenes akan mati jika dimasak dengan benar. Yaitu dengan suhu mulai dari 75 samapi 100 derajat Celcius.

Tetapi tidak semua makanan harus dimasak sampai matang, karena zat gizi terutama antioksidan akan hilang termasuk pada jamur enoki yang dimasak pada suhu yang sangat tinggi.

Tapi sepertinya tidak menjadi masalah bagi kita yang igin tetap bisa mengkonsumsi dan merasakan rasa enaknya dari jamur enoki.

Jadi untuk mengolah jamur enoki ini bisa direbus dengan air mendidih atau dengan cara digoreng.