Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Ketika membahas tentang pendidikan, maka membutuhkan waktu yang panjang. Karena pendidikan ada proses yang memang panjang.

Pendidikan yang baik tidak diberikan dan di dapat satu atau dua hari saja. Pendidikan membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Selama manusia itu hidup, maka wajib mendapatkan pendidikan. Pendidikan bisa dijadikan bekal untuk memperoleh tujuan.

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan. Memang itulah adanya. Pendidikan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki dan semua manusia berhak mendapatkan pendidikan, tak terkecuali pendidikan untuk kaum perempuan.

Quote dibawah ini mungkin sering terdengar di telinga kita.

“Jika kamu mendidik satu laki-laki, maka kamu mendidik satu orang. Namun, jika kamu mendidik satu perempuan, maka kamu mendidik satu generasi.” (Moh. Hatta).

Mengapa demikian? Karena perempuan yang memiliki pendidikan diharapkan agar nantinya dia bisa mendidik anak mereka kelak.

Namun masih ada saja seorang anak perempuan yang tidak mendapatkan hak pendidikan secara maksimal. Terutama bagi anak perempuan yang lahir dari kalangan keterbatasan finansial.

wanita uang dan pendidikan

Bahkan mereka diharuskan menikah muda, walau pun menurut umur masih berada dibawah usia untuk menikah.

Meskipun demikian tidak sedikit pula anak perempuan yang lahir dari kalangan mampu dalam hal finansial yang seharunya dapat menimba ilmu setinggi-tingginya, tapi diharuskan menikah karena masalah ikatan perjodohan.

Sebaiknya anak perempuan yang memiliki keterbatasan finalsial dalam keluarga mendapatkan dukungan dalam bentuk pelatihan agar kelak mereka mampu mendapatkan pekerjaan dalam bidang teknis dan berpenghasilan yang layak.

Perempuan juga berhak mendapatkan kesuksesan dalam finansial yang dimulai dari mendapatkan pendidikan tinggi. Baik itu pendidikan formal dan non-formal

Dalam catatan agama islam, seorang perempuan memiliki kedudukan yang sangat mulia.

Bahkan, terdapat salah satu nama surah dalam Al-Quran adalah Al-Nisa yang berarti wanita/perempuan.

“Wanita adalah tiang negara. Jika ingin menegakkan negara, lindungilah wanita; dan jika ingin menghancurkan negara, hinakanlah wanita”.

Jika ingin menyiapkan generasi yang berkualitas, maka pendidikan perempuan tampaknya harus di persiapkan secara lebih matang.

Baik dalam keluarga atau negara.

Pendidkan sebagai kunci penguatan peran perempuan ini sudah terlihat pada zaman Rasulullah Muhammad SAW.

Kita bisa bercermin dari kisah Khadijah Bin Khuwalid.

Khadijah adalah seorang pengusaha sukses sekaliguas istri dari Muhammad SAW. Dengan kekayaan yang Khadijah miliki, dia membantu Muhammad SAW. dalam memperjuangkan agama Islam.

Jika pada zaman Rasulullah ada Khadijah, di Indonesia memiliki tokoh perempuan yang amat sangat berpengaruh utnuk kehidupan perempuan di Indonesia.

Dia tak lain adalah R.A. Kartini.

Dengan karyanya, dia membawa perubahan besar dalam membangun emansipasi wanita.

Tanpa dia, mungkin perempuan hanya memiliki jabatan dapur, sumur dan kasur. Emansipasi wanita membuat perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria.

Jika pria mampu memiliki pendidikan yang tinggi wanita juga bisa mendaptkannya. Juga jika pria mampu mendapatkan pekerjaan yang bagus dalam hal finansial, perempuan pun juga berhak mendapatkannya.

Kekuatan Perempuan Dalam Era Digital

Ada yang kenal dengan Aulia Halimatussadiah? Dia adalah salah satu perempuan Indonesia yang sukses pada masa digital saat ini. Jika belum tahu siapa dia, mari sedikit kita bedah profil singkatnya.

Aulia Halimatussadiah adalah seorang perempuan yang memiliki kesuksesan karena memiliki pendidikan yang tinggi.

Selepas lulus dari SMA, wanita yang akrab disapa Ollie ini memilih Informasi Teknologi di Universitas Gunadarma sebagai bidang studi yang ditempuhnya.

Selama masa kuliah, Ollie masih sering menulis. Setelah lulus, Ollie memutuskan untuk bekerja di salah satu perusahaan penyedia jasa IT.

Bersama teman bernama Angelina Anthony, Ollie mendirikan sebuah toko buku online pada tahun 2006 yaitu Kutukutubuku.com. Bahkan, Ollie juga mendirikan sebuah Startup yang bergerak di bidang jasa pembuatan website dengan nama tukusolution.com.

Belum puas sampai disitu, perempuan kelahiran 17 Juni 1983 ini mendirikan startup baru bernama NulisBuku.com. Sejak didirikan, NulisBuku telah menerbitkan lebih dari 700 buku dari berbagai penulis di Indonesia. Mungkin saat ini jumlahnya sudah dua atau tiga kali lipat.

Tentunya masih banyak kesuksesan lain yang sudah didaptkannya. Dengan ini Aulia Halimatussadiah membuktikan bahwa perempuan juga memiliki kesempatan yang sama dengan kamum pria.

“Bagi saya kesetaraan gender itu bukan berarti perempuan harus sama dalam segala hal dengan laki-laki. Kesetaraan itu adalah keseimbangan di dalam diri kita antara dua sisi feminine dan maskulin,” (Aulia Halimatussadiah)

Bagaimana pun banyak cerita perempuan sukses di luar sana, tetap saja peran para orang tua sangat penting.

Betapa tidak, orang tua adalah tempat pertama kali bagi seorang anak untuk mendaptkan pendidikan.

Semua orang tua pun harus berencana dimana anaknya nanti anaknya harus menimba ilmu pendidikan. Maka karena itu orang tua harus tepat dalam memilih tempat terbaik bagi anak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

EduCenter Dari Perempuan Untuk Pendidikan Anak

Demi terciptanya kesetaraan gender pada perempuan dengan pria, EduCenter hadir untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak.

EduCenter merupakan mall edukasi pertama di Indonesia dengan konsep “one
stop excellence of education
”.

Memiliki lokasi yang strategis, dikelilingi 45 institusi pendidikan dan 4 cluster perumahan elit di BSD, EduCenter memiliki tujuan menjadi solusi dari masalah pendidikan, yakni menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi untuk berpindah-pindah dari satu kursus ke kursus lainnya.

Seperti layaknya sebuah mall, EduCenter memiliki banyak hal untuk ditawarkan
seperti restoran, food court, taman bermain anak, dan tentu saja banyak tempat
kursus terkemuka.

educenter mall pendidikan di indonesia

Beberapa diantaranya seperti :

  • Apple Tree Pre-School
  • UniSadhuGuna
  • Farabi Music School
  • Binary Kiddo
  • CMA Mental Arithmetic
  • Shane Learning Centre
  • Calculus
  • Flamingo Studio
  • Kumon
  • Wow Art Studio
  • Far East Education

Selain daftar diatas, tentunya masih ada lagi tempat kursus favorit yang tersedia di EduCenter.

Dengan konsep yang revolusioner dan terintegrasi, EduCenter memberikan
nuansa yang menyenangkan bagi para generasi muda untuk menikmati pengalaman
belajar yang sempurna.

Dari hasil studi yang dilakukan, rata-rata seorang anak atau murid sekolah dasar mengambil 2 hingga 3 kursus setiap harinya, antara lain (dari yang terpopuler): bahasa Inggris, bahasa Mandarin, musik, matematika, menggambar, ballet dan berenang.

Murid sekolah menengah pertama (SMP) rata-rata mengambil 1 hingga 2 kursus setiap harinya (dari yang terpopuler): bahasa Inggris, bahasa Mandarin, matematika, fisika dan musik.

Sedangkan untuk murid sekolah menengah atas (SMA) rata-rata mengambil 1 hingga 2 kursus setiap harinya (dari yang terpopuler): matematika, fisika, kimia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin.

Semua orang tua pasti menginginkan anak-anak mereka meraih kesuksesan di masan depannya.

Tentu dengan hadirnya EduCneter diharapkan dapat membuat anak mendapatkan pendidikan yang baik dan tercipta kesempatan yang sama pada anak perempuan dan pria untuk meraih kesuksesan.