Menu Sahur Simple! Resep Nasi Telor Ceplok Kecap

foto resep nasi telor ayong 999 pontianak

Resep nasi telur ini cukup populer. Dari segi rasa memang nikmat. Rasa telur yang dimasak menggunakan kecap tak menyangka bisa seenak ini.

Dengan moda tidak mencapai Rp 10 ribu sudah bisa membuat makanan nasi telur yang nikmat untuk disantap pagi, siang dan malam.

Karena waktu membuatnya yang relatif singkat, menu ini cocok juga dijadikan menu sahur.

Resep ini sendiri sempat viral di media sosial. Awal mula menjadi viral karena tempat makan tersebut sempat disambangi oleh seorang YouTuber.

Tempat makan itu berlokasi di rumah makan Ayong 999, terletak di sebuah gang di sebelah hotel Gajah Mada, di Jl. Gajah Mada, Pontianak. Masuk sekitar 200 meter akan terlihat sinar lampu neon terang di warung yang buka mulai pukul 16.00 sore sampai 23.00 malam.

Ya, meskipun banyak tempat makan nasi telur di Pontianak, rumah makan Ayong 999 tetap menjadi pilihan. Sajian yang enak dan murah. Itu alasan rumah makan ini tidak pernah sepi.

Selain menyediakan nasi telur, rumah makan ini juga menyediakan menu pilihan lainnya seperti nasi goreng, kwetiau goreng, cah tauge sawi (cah sayuran).

Fakta Gizi

Karena mengandung telur, makanan ini pasti banyak mengandung nutrisi yang baik, Diketahui telur adalah sumber protein selain daging.

Kandungan protein di dalam 100 gram telur berkisar 10-14 gram, kandungan lemak sebesar 10-15 gram, dan kandungan karbohidrat sebanyak 0,7-3,3 gram.

telur dalam wadah

Kandungan zat gizi mikro untuk setiap 100 gram telur di antaranya adalah 49-120 mg kalsium; 160-200 mg fosfor; 1,3-3 mg zat besi; 900-2800 IU vitamin A; dan 0,1-0,2 mg vitamin B. Air juga mengandung 65-80 gram air.

Tentu jauh kan mesti harus ke Pontianak kalau mau mencoba resep nasi telor ini. Sekarang bisa kok kamu membuatnya dirumah dengan mengikuti resep ini.

Resep juga bisa kamu gunakan untuk santapan saat sahur di bulan Ramadhan. Kandunagn gizi pada telur akan membuat rasa kenyang lebih lama.

Resep nasi telur.

Bahan :

  • 1 piring nasi hangat
  • 2 telur ayam atau bebek
  • 2 daun bawang di iris
  • 5 sdm minyak
  • 1 sdm kecap hitam atau 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1 sdt lada putih
  • 2 siung bawang putih cincang kasar
  • 50 ml air
  • 3 buah cabe rawit, ini opsional saja bagi yang suka pedes

Cara membuat :

  1. Panaskan 3 sdm minyak sayur dalam wajan. Tumis daun bawang putih hingga harum.
  2. Ambil daun bawang dan masukkan kedalam wajan. Aduk sampai tercampur rata dengan bawang putih.
  3. Jika sudah kecoklatan, angkat tumisan dan tiriskan.
  4. Ambil wadah, campurkan tumisan bawang, kecap manis, kecap asin, lada dan air. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Panaskan wajan dengan minyak sayur. Goreng telur. Jika terlihat sudah hampir matang, masukkan bumbu campuran bawang. Siram-siram bumbu ke kuning telur agar kuning telur matang.
  6. Siap disajikan dengan nasi putih hangat. Taburi dengan irisan cabe rawit agar lebih nikmat.

Tips

Karna dalam pembuatan nasi telur ini telur tidak dibalik, pastikan setelah campuran bumbu bawang dimasukkan kecilkan api relatif sedang agar bumbu dan telur tidak gosong.