Kupi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

kopi jujur

Kopi Jujur, kopi asli tanpa campuran essen. Kopi yang spesial selalu berasal dari pohon kopi pilihan. Dikeringkan dan diolah menjadi kopi dengan kualitas terbaik. Memiliki harum khas kopi, rasa dan menimbulkan sensasi bahagia bagi siapa yang meminumnya.

Sudah lebih dari puluhan tahun lalu, kopi tak pernah kehilangan pamornya. Malah semakin berkembang. Mulai dari jenis, rasa dan cara menyuguhkannya.

Apa pun itu, yang namanya kopi akan tetap populer dan semakin populer. Bagaimana pun muncul olahan kopi terbaru, kopi hitam masih menjadi promadona bagi semua orang.

Di Indonesia, tanaman kopi telah menyebar dari sabang sampai merauke. Beragam jenis pohon kopi tumbuh diatas tanah Indonesia tercinta kita ini. Dari kopi Gayo asal Aceh sampai kopi Wamena asal Papua.

Ini menjadi suatu pertanda, bahwa kopi telah menjadi minuman yang sangat merakyat dan populer di Indonesia.

Tak hayal, selain terkenal di tanah sendiri kopi Indonesia selalu menjadi incaran pasar internasional karena memiliki rasa unik dan eksotik.

Kopi itu lifestyle bro! Satu hari tidak minum kopi, pasti ada saja yang kurang. Serasa tidak siap untuk menjalani semua aktifitas.

Kopi sudah menjadi bahan modal semangat untuk menjalani hari.

Apa itu Kopi?

Kopi adalah minuman yang terbuat dari bubuk biji kopi yang telah disangrai hingga berwarna hitam tapi bukan pekat.

Itu adalah cara pengolahan kopi paling umum. Terdapat sistem pengolahan lain dari pengolahan kopi, yaitu penggunaan teknologi yang dapat membuat kopi tetap putih. Kopi jenis itu biasanya lebih dikenal dengan White Kopi.

Saya menyukai kopi dan tidak terlalu suka dengan white kopi. Meski katanya lebih aman untuk lambung dan jantung.

Itu juga kembali pada selera masing-masing orang.

Berbicara tentang kopi, saya menjadi ingin bercerita sedikit tentang kopi yang ada di daerah saya sendiri yaitu Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi juga memiliki kopi yang bisa dibanggakan. Ada tiga jenis kopi tepatnya.

1. Kopi Arabica Jambi

Kopi jenis arabica Jambi berkembang dengan baik di Kabupaten Kerinci dengan ketinggian 1200-1700 mdpl. Karena kerinci adalah satu-satunya daerah pegunungan di Provinsi Jambi.

Kopi jenis ini, kaya akan aroma buah dan bunga dan cenderung asam dengan kadar kafein berkisar 0,8 persen hingga 1,4 persen.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Seperti halnya kopi Arabica lain, kopi Arabica Kerinci banyak disukai oleh penikmat espresso. Memiliki aroma yang cukup menggugah selera, kopi ini terasa sedikit spicy dengan sentuhan kokoa.

2. Kopi Robusta Jambi

Kopi Robusta Jambi, tumbuh dan berkembang di beberapa kabupaten. Seperti Kabupaten Bungo dan sekitarnya. Diantaranya adalah di dataran sedang, yakni sekitar 600-800 mdpl, hingga ketinggian di atas 1000 mdpl.

Kopi robusta memiliki citarasa berbeda. Jadi setiap daerah rasa kopi robustanya tidak sama.

Kopi robusta Jambi memiliki kadar kafein 1,7 persen hingga 4 persen, memiliki rasa yang cenderung lebih pahit dan kurang beraroma. Jika da kopi arabica jambi yang tumbuh di dataran 1000 mdpl, rasa pahitnya cenderung lebih sedikit dan memiliki rasa yang agak asam serta beraroma.

3. Kopi Liberica Jambi

Kopi ini tumbuh di dataran rendah. Kopi Liberica sendiri mempunyai rasa yang cenderung pahit.

Meski demikian kopi liberica memiliki tingkat keasaman yang rendah atau seimbang. Akan tetapi, dalam olahan tertentu dapat mengeluarkan aroma buah nangka dengan kadar 1,1 persen sampai 1,4 persen.

Kopi ini juga dikenal dengan ketahanan terhadap hama dibanding Arabica, tapi lebih rentan dibanding tanaman kopi Robusta.

Nah dari ketiga daftar kopi diatas, kopi Liberica lah yang paling unik.

Kopi jenis Liberica ini diklaim hanya tumbuh dan ada di Jambi. Pohon kopi ini tumbuh di daerah bergambut. Perbedaan harganya pun cukup signifikan. Jika Robusta dan Arabika Jambi dijual 60-70 ribu per kilogram, harga kopi Liberica lebih mahal yaitu 120 ribu perkilonya.

Mahalnya kopi Liberica karena disebabkan kopi ini sudah memiliki pembelinya sendiri. Sudah seperti dipesan gitu, jadi tidak ada orang lain lagi yang boleh membelinya. Sistem borong gitu deh lebih simpelnya.

Karena itu sulit untuk menemukan kopi ini dipasaran, sehingga masyarakat sangat sulit untuk mendapatkannya, terkecuali untuk acara-acara tertentu saja.

Setelah jadi olahan kopi, hasil olahan kopi Liberica akan lebih sedikit. Bayangkan saja, satu kilogram biji kopi Liberica setelah diolah hanya akan menjadi 100 gram kopi bubuk, sementara kopi arabika dan robusta bisa menghasilkan 700 gram kopi bubuk. Ini disebabkan oleh kulit biji kopi Liberica yang lebih tebal.

Boleh banget nih bagi kalian yang berlibur ke Provinsi Jambi, tidak ada salahnya untuk berburu kopi Liberica. Jika beruntung kalian bisa merasakan kopi asli khas Jambi yang sangat sulit didapatkan ini.

Penggunaan Essen Pada Kopi, Apa Fungsinya?

Membahas soal ini, Sebenarnya tanpa penambahan essen pun, kopi akan tetap memiliki rasa otentik yang nikmat.

apa itu essen kopi

Apakah penambahan essen ini perlu?

Tentu perlu. Tapi sebenarnya, essen hanya berfungsi untuk meningkatkan aroma. jadi tidak begitu mempengaruhi rasa pada kopi.

Jika kopi hitam memiliki rasa pahit, maka akan tetap pahit. Meski sudah ditambahkan essen didalamnya.

Pengertian essen secara sederhananya adalah aroma atau wewangian yang digunakan berdasarkan fungsinya. Bisa untuk body spray, pewangi ruangan dan bahkan untuk makanan dan minuman.

Essen berasal hasil dari ektraksi. Contohnya seperti essen aroma kopi, maka essen tersebut dibuat dari hasil ekstraksi biji kopi.

Atau essen vanilla yang dibuat dari hasil ekstraksi vanilla.

Pada kopi essen digunakan untuk menambahkan aroma pada kopi agar aromanya lebih keluar. Biasanya essen ditambahkan pada kopi sebelum biji atau bubuk kopi dibungkus dalam kemasan.

Jadi ketika bungkus kopi dibuka semerbak harum kopi lebih kuat.

Saya ingin sedikit bercerita sebuah pengalaman kerja di salah satu pabrik pengolahan kopi di kota tempat aku tinggal. Karena menjaga privasi nama perusahaan tidak akan saya sebutkan.

Jarang sekali kopi yang sudah buatan pabrik komposisinya pasti tidak lagi 100 persen biji kopi. Ada beberapa bahan lain yang dicampurkan. Selain jagung ada juga beberapa bahan lain yang dicampurkan.

Saat di pabrik, alat yang digunakan untuk roasting kopi atau mengsangrai kopi kurang lebih seperti ini.

Meski terdapat campuran lain pada kopi hasil produksi, namun pabrik yang memproduksi kopi hitam tidak mencantumkan bahan lain tersebut pada kemasannya dan pada komposisi hanya bertuliskan “Biji Kopi Pilihan” bahkan ada yang tidak mencantumkan komposisi sama sekali.

Itu sebabnya Kopi Jujur ingin menyajikan kopi jujur. Jujur komposisinya dan jujur dalam penyajiannya. Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen.

Kopi Jujur, Apa Itu?

aksi satu juta cup kopi jujur lawan corona

Rasa nikmat dan pahit pada kopi memang tidak pernah bohong. Pada setiap seruput kopi akan mendatangkan inspirasi. Salah satu inspirasi terbaik untuk saat ini adalah saling berbagi dan membantu serta memberikan dukungan semangat.

Kita semua tahu saat ini seluruh Indonesia tengah bersatu melawan penyebaran virus Covid-19. Dukungan semagat saat ini sangat berarti untuk mereka yang berada di garis depan penangan virus Covid-19.

Tenaga medis, mereka adalah garda terdepan dalam pandemi ini. Berjibaku tanpa lelah dan selalu ikhlas melakukan tindakan kepada pasien yang positif terjangkit virus Covid-19.

Dengan penuh keyakinan dan semangat, Kopi Jujur hadir untuk memberikan dukungan kepada tenaga medis dengan Aksi 1 Juta Cup Jujur Gratis. Menyajikan olahan minuman kopi yang terbuat dari 100 persen kopi asli dan aman dikonsumsi untuk tenaga medis.

Ini menjadi bukti bahwa masih ada orang baik di Indonesia. Yang terjun langsung membantu disaat ada musibah. Baiknya kita bisa membantu mereka menyelesaikan misi yang mulia ini.

Bagi yang mempunyai skill, dapat membantu dengan keahlian kamu dalam meracik kopi. Bagi yang tak bisa membantu secara langsung, kamu bisa membantu mereka melalui donasi.

Jika kamu memiliki sebuah blog seperti ini, kamu bisa menyerbarluaskan informasi kegiatan ini dengan membuat tulisan informasi tentang kegiatan ini ke publik. Serta bagi kamu yang hanya dapat membaca tulisan ini dan tidak dapat membantu dalam segi materi dan tenaga, kamu bisa memberikan dukungan berupa doa agar kegiatan ini sukses dan berjalan baik sampai batas waktunya.

Ingin Donasi? Silahkan

Sedikit kebaikan yang kamu bagikan akan sangat bermanfaat bagi mereka. Kamu dapat langsung datang, menghubungi atau melakukan donasi secara online melalui platform yang sudah tersedia.

Kopi Jujur telah membuka dua donasi melalui KitaBisa dan BenihBaik.

Juga dapat menyalurkan donasi melalui kontak dibawah ini :

Rekening BCA
a/n PT. Cybers Global Indonesia
No rekening : 5045113245

DONATUR PAKET PER 100 CUP SENILAI RP. 250.000 DAN KELIPATAN NYA
( HARAP MENCANTUMKAN NAMA DONATUR DAN NOMOR HANDPHONE PADA BERITA TRANSFER )

KONTAK PERSON: YULIANTI AGUSTINA
PHONE : 082377761888
EMAIL : BENCOOLENCOFFEE16@GMAIL.COM

Kegiatan Kopi Jujur ini akan berlasung dari tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020 selama 2 bulan.