Resep Paling Mudah Membuat Bakpia Pathok Isi Kacang Hijau, Pakai Teflon!

resep bakpia pathok isi kacang hijau

Jika ke Yogyakarta, tidak lengkap rasaya jika tidak mencicipi oleh-oleh khasnya yang paling populer, yaitu bakpia.

Bakpia termasuk salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal di Yogryakarta salah satunya berasal dari daerah Pathuk (Pathok), Yogyakarta.

Pada awalnya isi bakpia adalah daging babi dan diubah menjadi kacang hijau. Ini karena melihat masyarakat Yogyakarta yang mayoritas beragama Islam.

Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.

Beberapa produsen bakpia yang terkenal di sana seperti bakpia pathuk 75, bakpia pathuk 25, bakpia pathuk 531, bakpia pathuk 125.

Ternyata nomor pada merek bakpia diatas itu berdasarkan nomor rumah produsen pembuatan bakpia loh.

Itu karena di kampung Pathuk, dulunya penduduk tidak mengenal istilah merek, sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel nomor rumah produsen.

Lalu muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava, Ayu, Vista, dan lain-lain.

Fakta Gizi

Kacang hijau sebagai isian dari Bakpia memiliki banyak kandungan gizi, mulai dari vitamin, protein, mineral, dan kaya serat.

Dalam 100gr Bakpia mengandung energi sebesar 272 kilokalori, protein 3,7 gram, karbohidrat 44,1 gram, lemak 6,7 gram, kalsium 194 miligram, fosfor 117 miligram, dan zat besi 4,5 miligram.

Bila memiliki keinginan untuk membuat bakpia sendiri dirumah disini akan dipaparkan resep paling mudah membuat bakpia isi kacang hijau. Cocok untuk yang tidak sempat beli langsung ke Yogyakarta.

Resep bakpia kacang hijau

Bahan :

Bahan kulit

  • 180g tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm margarin, cairkan
  • 2 sdm gula pasir
  • 100ml air

Bahan isian

  • 200g kacang hijau, rendam semalam (bisa diganti kacang hijau kupas)
  • 100g gula halus
  • 1 kemasan santan instan(65ml)
  • 1/2sdt garam
  • 1 lembar pandan

Cara membuat :

resep membuat bakpia pathok isi kacang hijau
  1. Cuci bersih kacang hijau kemudian kukus selama 1 jam sampai lunak. Haluskan kacang hijau selagi panas, masukkan bahan lainnya, aduk rata lalu masak sampai santannya menyerap. Sisihkan.
  2. Untuk membuat adonan kulit bakpia. Masak air dan gula pasir sampai larut, biarkan dingin. Campurkan kedalam terigu, masukkan garam dan margarin lalu uleni sampai adonan kulit kalis.
  3. Ambil adonan kulit, bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian bulatkan. Pipihkan adonan dan masukkan isian kacang hijau dan tutup sampai rapat. Lakukan sampai semuanya habis.
  4. Panaskan teflon yang sudah diolesi sedikit margarin. Panggang bakpia dengan api kecil sampai kedua sisinya matang. Waktu memanggang masing-masing sisi sampai kecoklatan kurang lebih 15 menit.

Tips

Simpan bakpia dalam wadah yang rapat agar bakpia tahan lama. Ketahan bakpia tanpa pengawet maksimal hanya 3 hari.

Ukuran adonan boleh disesuaikan dengan selera. Pada resep ini ukuran bulat adonan sebesar sendok teh. Untuk mempipihkan adonan bisa juga menggunakan roler.