Jenis-Jenis Tepung dan Penggunaannya Untuk Membuat Kue

jenis jenis tepung dan kegunaannya

Hampir semua makanan khususnya kue kering maupun kue basah menggunakan tepung. Tepung adalah bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis kue.

Bermacam-macam roti seperti donat menggunakan tepung sebagai bahan utama. Selain kue dan roti, masih ada pula jenis makanan lain seperti mie dan aneka gorengan yang membutuhkan tepung.

Namun ada juga beberapa kue dan roti yang tidak menggunakan tepung. Cloud Bread adalah salah satunya.

kue colud bread

Cloud Bread dibuat menggunakan 4 campuran bahan saja yaitu telur, cream cheese, cream of tartar, dan madu. Hasilnya, ​roti​ ini lembut dan tetap manis.

Jika Anda pemula dalam memesak khususnya di bidang pembuatan kue, mengetahui jenis tepung adalah hal wajib. Karena beda makanan yang dibuat beda pula penggunaan tepungnya. Berikut kita bahas satu-persatu.

Jenis-jenis tepung dan penggunaannya

tepung dengan roller dan telur

1. Tepung terigu. Jenis tepung ini merupakan tepung yang dikenal dan sangat sering digunakan pada berbagai jenis makanan. Secara garis besar, tepung terigu bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis,

  • tepung terigu protein tinggi
  • protein sedang
  • protein rendah

Tepung terigu protein sedang paling cocok digunakan untuk bermacam-macam makanan. Sementara tepung terigu protein tinggi lebih pas untuk membuat roti dan mie. Tetapi jika Anda ingin membuat bakpao dan kue kering, tentu Anda mesti menggunakan tepung terigu protein rendah.

2. Sesuai dengan namanya, tepung beras berasal dari beras yang sudah dibersihkan dan digiling sampai halus. Tepung beras kerap menjadi bahan utama dalam pembuatan beragam kue tradisional.

Penggunaan tepung beras akan menghasilkan tekstur kue yang renyah. Sehingga tidak mengherankan kalau jenis tepung ini juga kerap dicampurkan dengan tepung terigu agar menghasilkan tekstur kue yang pas.

3. Kandungan serat pada tepung gandum utuh tergolong jauh lebih banyak dibandingkan jenis tepung lain. Bila Anda menggunakan tepung gandum pada proses pembuatan kue, maka Anda akan mendapatkan tekstur kue yang unik

Kue Anda akan terasa lebih renyah dan berpasir karena serat-serat gandum yang ada di dalamnya.

4. Tepung sagu dibuat dari sari pati pohon sagu yang sudah diproses hingga kering. Anda akan mendapatkan tekstur kue yang kenyal bila menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar.

Biasanya tepung sagu cukup populer pada berbagai jenis kue tradisional. Sementara jenis kue modern atau roti jarang sekali menggunakan tepung yang satu ini.

5. Tepung jagung dikenal dengan sebutan maizena. Biasanya tepung jagung sering digunakan pada pembuatan kue agar teksturnya jadi lebih lembut. Selain dijadikan bahan campuran kue, tepung jagung juga bisa mengentalkan tekstur kuah pada aneka jenis masakan.

6. Tepung tapioka terbuat dari sari pati umbi singkong. Tekstur kenyal khas singkong akan terasa sekali jika Anda mencampurkan tepung tapioka dalam adonan kue Anda. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat makanan tradisional.

7. Tepung almond dibuat dari kacang almond yang dihancurkan sampai halus akan menjadi tepung almond yang bercita rasa gurih. Tepung dari kacang almond ini kerap digunakan sebaga pelengkap kue karena bisa memperkaya cita rasa dan kandungan gizi kue secara alami.

Demikian beberapa jenis tepung dan kegunaannya untuk membuat olahan kue. Silahkan memilih tepung yang cocok untuk kue yang akan Anda buat.