Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Keju Lembut Praktis Super Enak

kue bolu keju praktis di atas piring

Resep kue bolu keju praktis.

Kue bolu atau cake jadi salah satu olahan kue dengan rasa enak serta sangat populer yang disukai banyak orang.

Selain cocok untuk menemani saat santai Anda seperti sedang minum kopi, kue bolu juga disajikan untuk acara istimewa seperti lebaran, pernikahan dan acara penting lainnya.

Ingat, banyak orang gagal membuat kue bolu karena tidak tahu tips dan trik membuatnya. Paling banyak ditemukan adalah kue bolu yang dibuat bantet.

Sebutan kue bolu berasal dari bahasa Portugis yaitu Bolo yang mempunyai arti Cake dalam bahasa Inggris.

Ada dua metode pengolahan kue bolu, pertama bisa dipanggang dan yang kedua bisa dikukus.

Untuk nilai gizi, kue bolu tinggi karbohidrat.

Sepotong kue bolu ukuran normal mengandung 187 kalori. Dengan rincian 2,71 gram lemak, 36,35 gram karbohidrat dan 4,5 gram protein. Secara persentase dalam satu potong kue bolu terdiri dari 13 persen lemak, 78 karbohidrat dan 9 persen protein. Sebanyak 13 persen kandungan lemak itu berasal dari lemak jenuh 0,82 gram, Lemak tak Jenuh Ganda 0,409 gram, Lemak tak Jenuh Tunggal 0,993 gram dan Kolesterol 107 miligram.

Bahan :

Bahan A

  • 3 butir telur utuh ukuran sedang
  • 65 gr gula pasir, jika ingin lebih manis bisa ditambah jadi 100 gr
  • 1/2 sdt SP
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan B

  • 100 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 gr butter, lelehkan
  • 1 sdm susu kental manis, larutkan dgn 1,5 sdm air
  • Untuk toping bolu. 1/3 kotak keju cheddar merek apa saja, parut.

Cara membuat :

  1. Panaskan oven. Olesi loyang dengan sedikit margarin & sedikit tepung. Sisihkan. Dalam resep ini loyang yang digunakan adalah loyang brownies ukuran P 30cm x L 10cm x T 4cm.
  2. Siapkan wadah. Bisa baskom ukuran kecil. Campurkan semua Bahan A didalam wadah dan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kental, pucat dan kaku. Tandanya adonan tidak menetes saat kaki mixer di angkat.
  3. Masukkan Bahan B selain parutan keju kedalam Bahan A yang sudah dimixer tadi sedikit demi sedikit sampai tepung, susu dan lelehan butter habis.
  4. Masukan adonan ke dalam loyang. Banting perlahan agar tidak ada space udara di tengahnya. Lalu taburi dengan parutan keju.
  5. Panggang di dalam oven dengan suhu 180°C menggunakan api atas dan bawah selama 40-45 menit hingga matang
  6. Bolu keju praktis siap disajikan.

Tips

Jika bolu terlihat sudah akan matang, jangan lupa matikan api atas ya, biar kejunya nggak gosong.

Untuk pemula jika merasa step mengaduk manualnya susah, maka tepung terigu, butter cair dan susu cairnya bisa di aduk sedikit demi sedikit pakai mixer kecepatan paling rendah sebentar aja. Baru dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan Bahan A.

Pastikan mengaduk Bahan B yang dimasukkan ke Bahan A sebentar aja ya, asal rata aja. Karena kalo kelamaan (over mixed) nanti busa telurnya jadi kempes, hasil bolunya akan jadi bantet.