Cara Mudah Mengetahui Jenis-Jenis Daging Sapi

jenis-jenis daging sapi

Daging sapi adalah daging yang berasal dari hewan bernama Sapi. Semua orang pasti tau ya.

Daging ini cukup populer di Indonesia. Daging sapi bisa diolah menjadi masakan apa saja. Kalau di Indonesia paling populer olahan dari daging ini adalah rendang.

Apakah Anda sudah tahu bahwa daging sapi memiliki jenis yang berbeda? Jika belum tahu maka artikel ini cocok untuk Anda simak.

Apalagi bagi Anda yang baru belajar masak. Artikel ini cocok sekali untuk menambah pengetahuan daging sapi seperti ada yang baik untuk dimasak.

Jika Anda sangat pemula dalam belajar memasak. Baiknya Anda terlebih dahulu menyimak artikel berlajar dasar-dasar memasak.

Kebanyakan dari kita tidak peduli dengan jenis daging sapi yang tersedia dipasaran. Hal ini juga disebabkan karena kualitas daging sapi di Indonesia tergolong rendah dan kelihtan sama.

Hal itu karena pakan dan perawatan hewan di Indonesia belum cukup baik dibandingkan dengan peternakan diluar negeri seperti di Eropa.

Cara paling mudah untuk memilih daging sapi yang berkualitas adalah dengan melihat banyaknya kandungan marbling pada daging.

Apa itu marbling?

Marbling adalah serat-serat lemak intraseluler yang terdapat pada daging. Mudahnya, marbling adalah guratan berwarna putih diantara daging berwarna merah.

jenis-jenis daging sapi

Banyaknya kandungan marbling akan memengaruhi rasa juicy dari daging saat dikonsumsi, utamanya bila dihidangkan sebagai steak.

Marbling juga merupakan indikasi dari baik atau tidaknya kualitas pakan dan perawatan dari sapi yang diternak. Semakin buruk kualitas pakan, marbling akan semakin sedikit, dan mengakibatkan grade atau kualitas daging akan semakin rendah dan harga jual daging juga akan jadi semakin murah. Contoh daging berkualitas tinggi adalah daging sapi wagyu atau sapi kobe yang berasal dari Jepang.

Ada empat jenis sapi wagyu yang dikembangkan di Jepang, yaitu:

  • Sapi hitam Jepang (Kuroge Washu)
  • Sapi tanpa tanduk Jepang (Mukaku Washu)
  • Sapi cokelat Jepang (Akage Washu)
  • Sapi tanduk pendek Jepang (Nihon Tankaku Washu)

Apakah Anda tahu berapa harga daging sapi wagyu. Satu kilo daging wagyu berkisar antara Rp 400 ribu sampai Rp 800 ribu. Daging sapi biasa dijual dengan harga rata-rata Rp 110 ribuan per kilo.

jenis-jenis daging sapi

Anda pasti akan sulit menemukan daging yang penuh marbling seperti daging di atas. Karena kebanyakan daging sapi yang tersedia di Indonesia seperti dibawah ini.

jenis-jenis daging sapi

Hal ini karena peternakan di Indonesia cenderung bersifat tradisional yang hanya memanfaatkan limbah pertanian sebagai pakan sapi sehingga pakan berkualitas rendah. Selain itu sapi juga dirawat seadanya tanpa memerhatikan animal welfare sehingga sapi cenderung stress selama perawatan dan penyembelihan.

jenis-jenis daging sapi

Kalau diperhatikan, daging dari sapi yang disembelih dalam keadaan stress akan dicirikan dengan warna merah yang lebih gelap dari biasanya.

Sebaliknya, kalau warna daging yang cenderung terlalu merah muda dan berair, bisa jadi daging tersebut berasal dari sapi glonggongan.

Mengkonsumsi daging glonggongan juga bisa mengancam kesehatan. Penyakit yang sangat sering muncul setelah konsumsi daging sapi glonggongan adalah diare.

Mulai sekarang, harus bisa pilih-pilih ya kalau belanja daging. Supaya masakan yang dibuat lebih enank dan nikmat.