Resep dan Cara Membuat Sirup Obat Flu Batuk Sendiri Di Rumah Dengan Bahan Sederhana

Resep obat batuk rumahan. Flu dan batuk adalah penyakit yang sering menyerang. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Flu adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Jika ditangani dan cepat diobati, Flu umumnya dapat sembuh dalam waktu 4–9 hari atau bisa lebih cepat tergantung pada daya tahan tubuh setiap orang.

Ada banyak pilihan obat flu batuk alami dan tradisional yang sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu. Seperti minum segelas air putih hangat setiap malam sebelum tidur dan di pagi hari setelah bangun. Pilihan lainnya adalah membuat minuman jahe. Jahe bisa dijadikan obat flu tradisional, karena jahe membantu melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung serta menguatkan daya tahan tubuh. Namun jahe tidak enak jika dikonsumsi secara langsung. Untuk membuatnya lebih enak, maka harus diolah menjadi bahan campuran pada minuman. Seperti resep sirup obat batuk rumahan ini.

Bahan :

  • 70 ml sari cuka apel
  • 140 ml madu
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 2 ruas jahe

Minuman teh

  • 2 sdm teh tubruk
  • 500 ml air

Cara membuat :

  1. Bakar jahe, kupas . Potong tipis- tipis (bulat)
  2. Campurkan sari cuka apel, madu, air, bubuk cabai dan jahe ke dalam jar.
  3. Diamkan selama 1-2 hari.
  4. Rebus teh dengan air ,tunggu hingga teh berubah warna tuang kedalam jug.
  5. Siapkan gelas isi dengan 2 sdm sirup obat batuk dan tambahkan teh hangat.

Flu yang sembuh kemudian kambuh dan memburuk bisa menjadi tanda komplikasi serius, seperti paru-paru basah, gangguan jantung, meningitis, atau infeksi virus pada otak. Untuk itu, jika penyakit flu tidak kunjung sembuh disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

MasakTV