Reep dan Cara Membuat Kue Telur Gabus Keju Gurih Renyah Untuk Lebaran

Resep membuat telur gabus keju untuk lebaran. Mendekati hari lebaran, pasti semua disibukkan dengan membuat kue. Bagi yang suka rasa gurih, telur gabus keju bisa dijadikan salah satu kue yang mengisi toples di hari lebaran selain kue nastar. Mungkin banyak yang mengira bahwa membuat kue telur gabus keju itu ribet, susah dan tidak untuk pemula atau yang tidak biasa masak. Simak artikel ini untuk tahu resep dan cara membuatnya.

Tersedia banyak variasi resep kue telur gabus yang sering di jumpai di masyarakat, seperti resep kue telur gabus manis, resep telur gabus NCC, resep kue telur gabus wijen dan yang lainnya. Kali ini akan dijelaskan resep dan cara membuat kue telur gabus keju. Selain mudah, bahan-bahan yang harus dipersiapkannya pun tidak terlalu banyak dan gampang untuk di belinya.

Selain tepung sagu, bahan menonjol lain dari resep ini adalah keju. Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Keju sendiri juga memiliki banyak jenis, seperti Cheddar, Mozzarella, Pamersan dan masih banyak lagi. Pada resep ini kita menggunakan keju jenis Cheddar.

Cheddar merupakan keju asal Inggris yang terbuat dari susu sapi dan diklaim sebagai keju paling disukai di dunia. Cheddar memiliki warna putih pucat hingga oranye serta memiliki tekstur yang lembut dan halus hingga rapuh. Dalam 1 ons keju cheddar terdapat 113 kalori dan 6 gram lemak jenuh. Kandungan ini sudah dapat mencukupi sekitar 30% kebutuhan kalori dan lemak harian yang telah direkomendasikan. Resep dan cara membuat kue telur gabus keju.

Bahan :

  • 250 gram tepung sagu/kanji/tapioka
  • 2 butir telur ukuran besar
  • 100 gram keju Cheddar, parut
  • 50 gram mentega, suhu ruang
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Siapkan blender, masukkan telur, keju parut dan mentega. Blender bahan hingga halus
  2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung kanji ke mangkuk. Buat lubang di tengah dan tuangkan bahan yang sudah diblender halus. Aduk rata dengan spatula, kemudian uleni dengan jari-jari tangan hingga menjadi adonan yang kalis dan bisa dibentuk
  3. Siapkan wajan, masukkan minyak dingin cukup banyak di wajan
  4. Masukkan adonan yang telah dibentuk kedalam minyak. Hidupkan api kopor dengan ukuran kecil. Tunggu hingga adonan mengeras.
  5. Setelah mengeras. Besarkan api dan goreng hingga kuning keemasan.
  6. Angkat dan tiriskan. Kue telur gabus keju sia disantap.

Tips

Jangan mengaduk kue dengan sodet ketika kondisinya belum mengeras karena kue akan putus dan meleleh. Jika ingin pekerjaan menggoreng ini cepat selesai, sebaiknya anda menggunakan 2 buah wajan berisi minyak. Jadi sambil menunggu minyak di wajan pertama mendingin kita bisa menggoreng di wajan kedua. Tentu saja minyak yang harus gunakan menjadi lebih banyak. Namun akan mendapat kue telur gabus yang sempurna.