Resep dan Cara Membuat Tape Beras Ketan Hitam Enak Manis Empuk Bikin Hangat

Resep tape beras ketan hitam manis. Tapai atau tape ketan merupakan salah satu hidangan populer yang disajikan pada hari lebaran, khususnya bagi suku bugis. Ketika berlebaran pada hari pertama lebaran, suku bugis selalu menghidangkan tapai ketan bersama hidangan lainnya seperti pacri nanas, lontong dan sambal udang. Tape ketan memiliki rasa manis, bertekstur lembut dan membuat hangat di badan. Tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan.

Ketan hitam merupakan bahan makanan serbaguna yang sering diolah menjadi beragam penganan manis seperti tape. Selain memiliki rasa khas yang legit, ketan hitam juga menyimpan segudang nutrisi dan manfaat. Ketan hitam memberikan asupan energi yang tidak kalah dibandingkan nasi. Seratus gram ketan hitam matang mengandung 180 kkal energi. Sebagai  bulir biji utuh, salah satu manfaat ketan hitam adalah menyumbang asupan serat yang cukup tinggi untuk mencegah sembelit. Itu sebabnya, sketam hitam ini juga bisa digunakan sebagai alternatif buah dan sayuran.

Namun tetap perlu diperhatikan, untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk memperoleh manfaat kesehatan secara optimal, kuncinya adalah menerapkan pola makan bergizi seimbang. Resep dan cara membuat tape beras ketan hitam bisa disimak dibawah ini.

Bahan :

  • 300 gr ketan hitam
  • 200 gr ketan putih
  • 2 butir ragi tape
  • Secukupnya daun pisang

Cara membuat :

  1. Rendam beras ketan hitam dan putih dengan air bersih selama 12 jam.
  2. Cuci bersih beras ketan yang telah direndam.
  3. Panaskan kukusan, campurkan kedua beras ketan lalu tuang beras ketan dipuring nasi atau kain tile agar mudah mengangkatnya. Lalu kukus 20 menit.
  4. Angkat beras ketan yang sudah setengah matang,lalu tuang ke baskom. Siram perlahan air panas sebagian, lalu aduk rata, tuang lagi sisa air panasnya. Aduk rata lalu tutup baskom dan diamkan 10 menit hingga mengembang.
  5. Kukus kembali selama 30 menit.
  6. Tuang beras ketan ke tampah agak besar, lalu diangin anginkan agar cepat dingin. Usahakan alat dan tangan kita bersih.
  7. Kalau ketan sudah benar benar dingin, siapkan wadah bersih bertutup, tata beras ketan didasar ratakan lalu taburi ragi halus sambil diayak dengan saringan teh. Harus rata taburannya ke seluruh permukaan beras ketan.
  8. Lapisi lagi dengan beras ketan,taburi lagi dengan ragi ayak, lakukan sampai beras ketan habis, sampai 4 lapisan ketan, tutup rapat, lalu bungkus dengan plastik atau serbet.
  9. Diamkan 2-3 hari agar fermentasi terproses dengan baik.
  10. Cek hasil peragian, cek tekstur dan rasa. Angkat dan siap disajikan atau diolah menjadi bahan tambahan apa saja.

Tips

Resep ini tidak menggunakan gula sama sekali, manisnya tape dari ragi itu sendiri, usahakan raginya di jemur dulu, lalu dihaluskan diplastik, tidak dibuka buka saat proses fermentasi. Bisa menggunakan wadah transparan saat fermentasi agar bisa terlihat proses fermentasinya. Jangan terlalu banyak menggunakan ragi. Konsentrasi ragi yang terlalu banyak menyebabkan gula sederhana yang dihasilkan selama proses fermentasi akan semakin berkurang, hal tersebut terjadi karena gula akan diubah menjadi alkohol. Akibatnya rasa manis pada tape akan berkurang.