Resep dan Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Istimewa Mudah Praktis

Di Indonesia banyak olahan bubur yang beragam. Paling populer dan mudah ditemukan adalah bubur kacang ijo. Bubur kacang ijo sudah terkenal sejak dulu di Indonesia. Tentu saja sesuai dengan namanya, bahan dasarnya adalah kacang ijo, biasanya penyajian bubur kacang hijau ini dibarengi dengan santan. Bubur kacang ijo paling nikmat disantap kala hangat terutama ketika cuaca sedang dingin dan cocok dijadikan makanan untuk sarapan. Penasaran dengan cara membuatnya?

Kacang hijau adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Selain enak, kacang ijo juga mengandung berbagai manfaat. Kandungan nutrisi yangbaik pada kacang ijo seperti potasium, protein, fosfor, dan zat besi, serta komponen menyehatkan lain bisa ditemukan di butir-butir kacang ijo. Inilah salah satu sebab kacang ijo disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, kacang ijo yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan juga membuatnya makin populer, terutama saat ramadan atau lebaran.

Ada dua versi bubur kacang ijo, yaitu ada yang menggunakan santan dan tidak. Khusus yang tidak menggunakan santan cocok dikonsumsi untuk yang sedang melakukan diet. Resep kali ini akan dibahas resep dan cara membuat bubur kacang ijo menggunakan santan.

Bahan :

  • 250 gr kacang hijau, cuci bersih
  • 100 gr gula merah
  • 4 sdm gula pasir
  • Sejumput garam
  • 2 ruas jari jahe, geprek, iris-iris
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 600 ml santan dari 1 buah kelapa
  • 1000 ml air untuk merebus kacang ijo

Cara membuat :

  1. Rendam kacang ijo 1 jam atau sampai 1 hari
  2. Didihkan air dalam panci. masukkan kacang hijau, jahe, dan pandan. tutup panci. Masak dengan api kecil selama 25-30 menit. Selama perebusan, tutup panci jangan dibuka
  3. Setelah kacang ijo pecah dan empuk, masukkan gula merah yang sudah di sisir, gula pasir, dan garam. Aduk secara perlahan hingga gula merah larut
  4. Setelah gula larut, tuangkan santan. aduk terus secara perlahan agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api
  5. Bubur kacang ijo siap disajikan. Nikmati selagi hangat

Tips

Perendaman kacang dimaksudkan untuk memisahkan kacang ijo bagus dan busuk. Kacang hijau yang busuk perlahan akan mengambang jika direndam, sehingga mudah untuk dipisahkan. Pastikan memilih kacang ijo yang warnanya hijau bersih dan tidak mudah pecah. Selain itu, kacang hijau berkualitas biasanya tidak berbau.

Selama proses pemasakan, hindari pemakaian api yang terlalu panas atau terlalu kecil. Api sedang disarankan dalam proses pemasakan bubur kacang ijo, pastikan panas kompor stabil dan tidak berganti-ganti, karena hal ini dapat mengubah tekstur bubur kacang ijo setelah disajikan. Jika membuat bubur kacang ijo untuk jualan, jangan langsung campur santan dengan kacang untuk menghindari cepat basinya bubur. Csmpur santan sesaat bubur akan disajikan saja.