Resep dan Cara Membuat Kacang Bawang Gurih Renyah Untuk Lebaran, Ini Rahasianya

Kacang bawang adalah olahan dari kacang tanah yang dibumbui. Memiliki rasa gurih bawang dengan tekstur garing dan renyah membuat siapa saja doyan memakannya. Kacang bawang hampir cocok disajikan untuk acara apa saja. Seperti nonton bola bareng atau nobar, acara hajatan, sampai peranyaan hari besar seperti lebaran. Bagaimana membuat kacang bawang gurih dan renyah? Caranya akan kita bahas disini.

Ambil kacang tanah dan goreng? Eits meskipun terlihat simple, membuat kacang bawang agar sukses juga perlu menggunakan trik dan cara membuat yang benar.

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman polong-polongan yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Dikutip dari Wikipedia, tanaman kacang tanah ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17.

Selain enak, kcang tanah juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari HelloSehat, beberapa manfaat konsumsi kacang tanah diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung serta empedu. Penelitian yang dilakukan oleh O’Byrne DJ berhasil mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kacang selama enam bulan, mampu menurunkan berat badan partisipan sebesar tiga kilogram. Namun jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi kacang tanah. Konsumsi kacang tanah dengan takaran berlebihan justru dalam menurunkan kadar mineral dalam tubu hingga meningkatkan risiko terserang gagal ginjal.

Bahan :

  • 1/2 kg Kacang Tanah kupas
  • 500 ml Santan
  • 3 sdm Mentega Blue Band
  • Secukupnya Bawang putih cincang dan goreng
  • 5 siung Bawang putih, haluskan
  • 2 sdm Garam
  • 1 sdm Merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Siapkan semua bahan, cuci kacang sebentar saja kemudian tiriskan. Kupas bawang putih,cuci bersih kemudian dihaluskan dengan garam dan merica bubuk. Sisihkan  
  2. Didihkan 500 ml santan dengan api kecil, setelah mendidih matikan api kompor, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi sambil diaduk-aduk sampai rata.  
  3. Tambahkan kacang tanah kedalam panci tersebut sambil diaduk-aduk sampai rata, biarkan bumbu meresap dan diamkan sampai air santannya dingin.  
  4. Setelah dingin tiriskan kacang menggunakan tirisan santan.  
  5. Panaskan minyak goreng yangg sudah diberi tambahan mentega kedalamnya, kemudian masukkan kacang dan goreng hingga kuning kecoklatan dan matang.  
  6. Angkat kacang dan tiriskan dengan dilapisi tissu. Tambahkan bawang putih goreng, aduk-aduk sampai rata.  
  7. Kacang bawang gurih dan renyah siap untuk disantap.

Tips

Perendaman kacang tanah menggunakan campuran santan dan bawang putih bertujuan agar kacang bawang memiliki cita rasa bawang hingga kedalam kacang. Penggunaan kacang putih kupas agar lebih menghemat waktu. Mentega dalam campuran minyak dimaksudkan untuk menjadikan kacang bawang yang digoreng menjadi lebih garing dan renyah. Agar kacang bawang lebih harum, bisa menambahkan daun jeruk. Goreng daun jeruk purut sampai layu dan aduk-aduk hingga rata pada kacang bawang yang sudah digoreng.