Resep dan Cara Membuat Rengginang Warna Warni Rasa Original Mekar Renyah


Rengginang adalah makanan camilan yang terbuat dari beras ketan putih. Camilan ini termasuk sudah kuno. Di daerah perkotaan rengginang terbilang sulit untuk ditemukan. Terutama pada saat ini telah muncul banyaknya camilan kekinian yang mengikuti zaman. Walaupun demikian rengginang masih memiliki tempat dihati penggemarnya, terutama bagi orang Jawa.

Jajanan tradisional indonesia yang satu ini memiliki rasa gurih dan renyah. Orang-orang jawa menyebut jajanan ini sebagai kerupuk rengginang. Rengginang merupakan makanan dalam jenis kerupuk yang terbuat dari nasi atau beras ketan. Sebelum digoreng, nasi dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari sampai mengeras.

Biasanya orang mnyajikan rengginang sebagai sajian lebaran. Untuk membuat rengginang sendiri pada dasarnya sangat mudah. Selain rengginag rasa original, kreasi lainnya adalah rengginang terasi yang cukup populer di pasaran. Namun kali ini kita akan mencoba membuat regginang rasa original.

Bahan :

  • Beras ketan – 500 gram
  • Air – 90 ml
  • Bawang putih – 6 siung
  • Ketumbar – 1 sdt
  • Garam – 1 sdm
  • Pewarna makanan warna merah secukupnya
  • Pewarna makanan warna hijau secukupya

Cara membuat :

  1. Tiriskan beras ketan yang telah direndam semalaman. Kukus beras ketan dalam panci kukusan/dandang yang telah dipanaskan sebelumnya, selama ±15 menit.
  2. Dalam wadah besar, campur bumbu halus dengan air. Aduk rata.
  3. Angkat ketan lalu masukkan dalam wadah bumbu tadi. Aduk rata dan diamkan sesaat hingga larutan bumbu terserap ke dalam beras ketan.
  4. Kukus kembali beras ketan selama 30 menit hingga matang. Angkat dan cetak ketan selagi panas.
  5. Bagi ketan menjadi tiga bagian dalam wadah yang berbeda, bagian pertama untuk warna putih, bagian kedua untuk warna merah dan bagian ketiga untuk warna merah
  6. Ambil sedikit ketan dan bentuk menjadi bulatan pipih seukuran koin 500 atau bisa lebih besar sesuai selera, letakkan dalam nampan atau tampah yang telah dilapisi plastik. Lakukan hingga ketan habis.
  7. Jemur ketan di bawah sinar matahari hingga kering. Jangan lupa untuk membolak baliknya agar kedua sisi rengginang bisa kering sempurna.
  8. Panaskan banyak minyak. Goreng rengginang sambil digoyang-goyangkan atau disiram minyak panas agar mengembang. Angkat dan tiriskan.
  9. Regginang warna warni siap disajikan.

Tips

Tujuan beras ketan direndam adalah supaya rengginang bisa mengembang sempurna ketika digoreng dan renyah. Saat pencetakan ketan/rengginang, cukup bentuk jadi bulat dan rapikan tanpa perlu ditekan-tekan. Saat mengukus rengginang, pilih panci kukus yang berdiamater agak besar agar tidak saling menempel.