Resep dan Cara Membuat Bumbu Kacang Pedagang Batagor Yang Enak Ternyata Mudah

Sambal kacang / bumbu kacang adalah bumbu yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan. Bumbu kacang ini biasanya dijadikan saus untuk beberapa makanan dan yang paling banyak ditemuai adalah saus untuk gado-gado dan batagor.

Kacang tahan adalah salah satu jenis kacang-kacangan. Tanaman kacang tanah Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol, Cina, atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597.

Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir, Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

Kacang tanah bisa diperoleh di pasar atau supermarket. Pilihlah kacang tanah yang masih baik dan sudah tua. Kacang tanah yang baik memiliki ciri kacang keras dan tidak berbubuk. Jika menggunakan kacang tanah yang tidak baik, rasa saus kacang akan terasa pahit.

Berbagai studi mengungkapkan bahwa ada beragam jenis kacang yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan.

Kandungan nutrisi tersebut berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan, risiko sakit jantung pada orang yang mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per minggu menurun sebanyak sekitar 35%. Mengkonsumsi kacang tanah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat. Manfaat kacang tanah lainnya termasuk mencegah pengerasan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.

Bahan :

  • Kacang tanah – 100 gr
  • Bawang putih – 3 siung
  • Bawang merah – 5 siung
  • Cabai rawit – 5 buah
  • Cabai merah – 10 buah
  • Kemiri – 5 butir
  • Gula merah – 60 gr
  • Garam – 1 sdt peres
  • Kaldu bubuk – 1 sdt peres
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Asam jawa – 1 sdt
  • Air – 1 liter

Cara membuat :

  1. Iris bawang merah. Bawang merah ini nanti akan digoreng. Sisihkan.
  2. Iris juga bawang merah. Sisihkan.
  3. Larutkan asam Jawa menggunakan air hangat.
  4. Siapkan wajan dan beri minyak goreng. Goreng bawang yang sudah diiris tadi sampai berwarna kecoklatan atau matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Goreng cabe merah, kemiri, bawang putih dan cabe rawit hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  6. Goreng kacang tanah hingga matang.
  7. Campurkan semua bahan yang sudah digoreng tadi dalam mesin chopper atau blender. Jika tidak memiliki chopper bisa menghaluskan dengan cara ditumbuk. Olah bumbu kacang hingga halus.
  8. Siapkan wajan. Tambahkan sedikit minyak. Masukkan bumbu kacang yang sudah halus kedalam wajan yang sudah diberi minyak. Tambahan bahan lain seperti gula merah, air rendaman asam jawa. Aduk rata dan tambahkan bumbu lainnya, kaldu bubuk, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  9. Terakhir tambahkan air. Tunggu hingga tanak atau air mengering. Bumbu kacang batagor siap disajikan.