Cara Sangat Mudah Untuk Menghilangkan Rasa Pahit Pare

Rasa pahit pada pare memang tidak bisa dihilangkan, tapi bisa sedikit dimimalisir. Bagaimana caranya? Pare memiliki rasa pahit yang khas sehingga tidak heran jika buah ini jarang diminati. Jangan khawatir, rasa pahit dengan sedikit getir pada buah yang memiliki permukaan kasar itu ternyata bisa diminimalisir dengn beberapa cara mudah dibawah ini.

1. Menghilangkan pahit pare dengan gula

  • Gula pasir juga bisa kamu gunakan sebagai bahan sederhana penghilang rasa pahit pada pare. Cara menggunakannya, yakni belah pare menjadi beberapa bagian dan campurkan dengan gula pasir. Kemudian, remas-remas pare hingga layu dan cuci bersih di bawah air mengalir, tiriskan. Pare yang sudah diremas dengan gula pasir ini siap untuk diolah menjadi tumisan yang nikmat disantap bersama nasi hangat.

2. Menghilangkan pahit pare dengan garam

  • Sama seperti cara diatas. Cara menghilangkan rasa pahit pare adalah dengan merendamnya di dalam air garam. Sebelum itu, pastikan pare sudah dipotong. Kemudian masukkan 1-2 sendok makan garam atau sesuai kebutuhan ke dalam air rendaman pare. Diamkan 10-15 menit agar air garam meresap. Selanjutnya, remas-remas pare dalam rendaman air garam hingga layu. Lalu, cuci bersih pare di bawah air mengalir dan tiriskan.

3. Rebus bersamaan dengan daun jambi biji

  • Cara selanjutnya adalah dengan merebusnya bersama dengan daun jambu biji. Pertama-tama, potong 1 buah pare menjadi beberapa bagian dan buang isinya. Lalu, siapkan 5 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Panasakan air dalam panci, dan masukkan pare serta daun jambu biji ke dalam air rebusan. Masak hingga pare layu. Jika ingin menambah rasa, kamu juga bisa memberi garam dalam air rebusannya. Ketika sudah matang, matikan api dan tiriskan pare.

Terkadang rasa pahit pada pare memang menjadi kenikmatan khas tersendiri yang justru membuat kita semakin lahap menyantapnya. Jika hanya ingin menghilangkan sedikit rasa pahit pada pare, kamu bisa menambahkan potongan ikan asin atau teri ke dalam tumisan pare buatanmu. Agar semakin nikmat, goreng teri terlebih dahulu sehingga ketika dicampurkan ke dalam tumisan pare rasanya akan renyah.