Resep dan Cara Membuat Pentol Bakso Daging Sapi Kenyal

Last updated on December 15th, 2020 by Keepburger

membuat pentol bakso sapi

Bakso…Bakso.

Bakso adalah kuliner di Indonesia yang sangat populer.

Bakso terbuat dari campuran tepung terigu, tepung sagu dan daging giling. Daging yang digunakan bisa dari daging sapi, ikan, atau daging ayam.

Resep kali ini akan dibahas bagaimana membuat pentol bakso dari daging sapi.

Bakso sangat nikmat jika disajikan panas-panas. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Anda juga dapat membuat pentol bakso daging sapi sendiri dengan resep yang ada di artikel ini.

Sanagt mudah untuk dipraktekkan.

Fakta Gizi

Kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang.

Karena terbuat dari bahan daging, pentol bakso adalah sumber protein. Protein bermanfaat untuk membentuk jaringan otot pada tubuh.

Dalam 100 gram daging sapi terdapat kandungan sebagai berikut : 250 Kalori (kilokalori) 15 gram Lemak 6 gram Lemak Jenuh 1,1 gram Lemak Trans 2,6 miligram Zat Besi 0,4 gram Vitamin B6 1,6 mikrogram Vitamin B12 26 gram Protein 21 miligram Magnesium 18 miligram Kalsium 7 IU Vitamin D.

Resep Pentol Bakso Daging Sapi

Bahan :

  • Siapkan Daging sapi – 300 gram
  • Tepung tapioka – 100 gram
  • Es batu, dadu ukuran 2×2 cm – 6 buah
  • Bawang putih, goreng lalu haluskan – 6 siung
  • Putih telur – 2 butir
  • Garam – 2 sdt
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Lada – 1/2 sdt
  • Air, untuk merebus – secukupnya

Cara membuat :

  1. Campur dan giling semua bahan hingga halus.
  2. Dalam panci, didihkan air untuk merebus bakso.
  3. Ambil segenggam adonan bakso lalu kepalkan dengan satu tangan. Tekan-tekan hingga keluar bulatan bakso di sela ibu jari dan telunjuk.
  4. Ambil bulatan bakso dengan sendok lalu langsung masukkan dalam air mendidih. Lakukan terus hingga semua adonan habis.
  5. Biarkan bakso masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.

Tips

Gunakan daging sapi segar yang bebas lemak, seperti paha sapi bagian dalam. Harus benar-benar memperhatikan perbandingan bahannya.

Gunakan saja air es untuk mencampur bahan bakso. Tidak usah takut jika tidak terlihat kenyal, setelah ini garam kasar akan dicampurkan sebagai pengenyal alami.

Sebaiknya masukkan bakso ke dalam panas mendidih yang baru diangkat dari kompor dan masih beruap atau jangan masukkan adonan bakso yang mendidih dengan api pemasak menyala.

Resepkoki