Resep dan Cara Membuat Babi Panggang Berkulit Crispy Gampang Enak Sambut Natal

Bulan Desember merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat Kristen diseluruh dunia. Kerena dibulan Desember ada dua perayaan hari raya, Natal dan Tahun Baru. Natal adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember; dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember.

Jika Tahun Baru Imlek mempunyai kue keranjang dan ketupat pada Hari Raya Idul Fitri. Natal juga memiliki makanan khas yang harus ada diatas meja pada hari Natal yaitu olahan dari daging babi. Oalahan yang sering dibuat dan populer adalah daging babi panggang ( ada juga yang tidak mnyediakan olahan ini, alasannya karena meraka juga tidak menyukai daging babi ).

Daging babi adalah daging yang diproduksi dari babi untuk disembelih. Dalam beberapa kepercayaan agama abrahamik, babi juga tidak boleh untuk disentuh dan dianggap haram untuk dimakan. Contohnya adalah seperti ditulis dalam kitab suci agama Islam Al-Qur’an.

Bagi mereka yang mempercayai, mengkonsumsi daging babi memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah menambah stamina bagi tubuh. Hal ini didukung dengan studi yang mengemukakan, lemak babi adalah makanan bergizi sedunia dengqan skor 73. Pada lemak babi mengandung vitamin B dan mineral yang baik. Lemak babi juga mengandung Asam Oleat tak jenuh tunggal ini baik untuk kesehatan jantung, arteri, kulit, dan membantu mengatur hormon.

Gunakan daging babi yang masih segar. Daging babi segar memiliki ciri yaitu dari warna daging yang keabuan, memiliki permukaan daging yang lembab, tidak basah, tidak kering dan tidak ada lendir.

Samcan (pork belly) adalah bagian dari daging babi yang memiliki lima lapisan yaitu kulit, lemak, daging, lemak, daging. Bagian daging ini sangat cocok untuk olahan seperti resep ini.

Bahan :

  • 1/2 kg daging babi samcan

Bahan bumbu :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok makan angciu
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh bumbu bubuk ngohiong
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan bumbu kulit crispy:

  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan cuka masak
  • 1/2 sendok makan baking powder

Cara membuat :

  1. Haluskan semua bahan bumbu terlebih dahulu, lalu lumuri pada daging yang telah disayat memanjang. Untuk kulitnya, bumbui dengan campuran bahan bumbu kulit. Tusuk-tusuk kulit menggunakan garpu supaya bumbu bisa meresap ke dalam. 
  2. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius, kemudian letakkan daging babi di rak bagian tengah. Taruh loyang di bagian bawah rak, supaya minyak bisa keluar dari daging selama proses pemanggangan. Panggang sampai kulitnya garing dengan sesekali melumuri bumbu.
  3. Keluarkan daging dari oven, lalu goreng di atas wajan yang telah diisi minyak. Pastikan kulitnya sampai garing, sehingga hasilnya lebih krispi. Angkat dari wajan dan tiriskan. Potong-potong sesuai selera, lalu sajikan!

Tips

Ada banyak cara lainnya untuk membuat kulit babi panggang yang lebih renyah lagi. Yaitu denngan mengeringkan permukaan kulit babi hingga benar-benar kering. Juga dengan cara melumuri permukaan kulit babi panggang yang telah matang dengan sisa-sisa minyak yang terdapat pada wadah pemanggang, dan memanggangnya kembali dengan suhu yang lebih rendah selama beberapa menit.