Penting! Ketahui Alat Masak dan Fungsinya Sebelum Belajar Memasak

Kamu ingin belajar memasak? mengetahui berbagai macam model alat masak adalah hal yang harus dilakukan bagi kamu yang ingin memulai belajar memasak. Kamu perlu mengetahui peralatan masak dan fungsinya. Tak hanya menyiapkan untuk kamu sewaktu-waktu ingin menekuni bidang masak, namun juga pengetahuan umum dalam bidang peralatan dapur dan kuliner.

Hal ini juga merupakan pengetahuan dasar untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan baik. Pengetahuan peralatan masak dan kegunaannya ini juga cocok untuk kamu sebagai calon istri yang akan melayani suami.

1.     Kompor

Kompor memiliki beberapa macam model, namun yang paling umum dan banyak hadir dengan model 2 perapian. Model yang satu ini sangat populer karena memiliki fungsi aktifitas memasak lebih cepat. Selain itu, pilih tabung gas LPG dengan ukuran 3 kg agar kamu bisa lebih hemat.

2.      Wajan, Panci dan Teflon

Wajan dan teflon merupakan dua buah benda dapur yang wajib kamu beli untuk menyempurnakan dapur. Dua alat ini merupakan alat dapur yang paling umum dan pasti digunakan di dapur untuk memasak. Kamu bisa memilih wajan atau teflon yang anti lengket agar kegiatan memasak lebih menyenangkan.

Sedangkan untuk masakan yang berkuah, kamu membutuhkan sebuah panci. Panci sendiri memiliki fungsi untuk memasak berbagai masakan dengan kuah mulai dari mie instan, sop, hingga sayur-sayuran lainnya.

Ada juga panci khusus untuk masak presto yang harus kamu tahu. Panci masak untuk presto ini memiliki perbedaa tekanan yang lebih tinggi. Panci yang satu ini juga biasanya digunakan untuk masakan yang membutuhkan waktu lama agar lebih singkat. Hal ini karena panci masak presto lebih cepat mengempukkan bahan makanan. Biasanya digunakan untuk masak ikan atau daging.

3.     Sutil dan Sendok Sayur

Untuk melancarkan kegiatan memasak kamu terutama saat ingin menggoreng, jelas kamu membutuhkan sutil. Alat dapur yang satu ini sangat dibutuhkan saat anda hanya menggoreng telur sekalipun. Kemudian, untuk menyempurnakan masakan sayur berkuah atau sop, anda akan membutuhkan sendok sayur.

4.     Pisau Dapur

Kamu perlu mengetahui beberapa manfaat atau kegunaan pisau. Pisau dapur hadir dalam beberapa model, yang pertama ada pisau daging, pisau biasa serbaguna, hingga pisau pengupas dan pisau kue.

5.     Pisau Dapur

Saat ini, menghaluskan makanan memang lebih mudah menggunakan penghalus. Namun, masih banyak juga yang masih menggunakan cobek. Hal ini karena menghaluskan bahan makanan menggunakan cobek dirasa lebih nikmat dibandingkan dengan alat masak modern atau bahkan membeli langsung bumbu instan.

6.     Talenan

Selain pisau, jelas anda membutuhkan alas untuk memotong berbagai bahan makanan tersebut. Talenan merupakan item peralatan dapur yang harus anda tahu. Bahan yang biasa hadir untuk talenan ada bahan polypropelene dan bahan kayu.

7.     Parutan

Alat dapur lainnya yang perlu diketahui adalah parutan. Parutan ini hadir dalam beberapa macam, namun yang paling kerap terlihat dan hadir adalah parutan kelapa dan parutan keju. Seperti cobek, masih banyak orang yang memilih santan yang diparut langsung dari kelapa atau membuat masakan urap atau gudangan yang mengharuskan kelapa diparut.

Sedangkan parutan keju, cocok digunakan untuk anda yang suka makanan appetizer Keju yang diparut memang cocok dinikmati untuk makanan manis bahkan asin.

8.     Rice Cooker

Sebagai warga Indonesia, anda mungkin merupakan salah satu orang yang wajib mengonsumsi nasi. Maka dari itu, mengetahui rice cooker adalah suatu keharusan. Saat ini, hanya dengan rice cooker anda tidak harus menanak nasi menggunakan kompor dan peralatan dapur lainnya yang cukup merepotkan.

Tak hanya nasi putih biasa, rice cooker dapat digunakan untuk membuat nasi, mulai dari nasi liwet, ataupun nasi kuning. Rice cooker juga dapat digunakan untuk mengukus dan membuat masakan sederhana atau instan.

9.     Mixer

Salah satu alat dapur modern yang cukup banyak dimiliki oleh pencinta kue adalah mixer. Mixer ini membuat bahan makanan model kue, pastry, dll lebih mudah.  Namun, mixer juga bisa anda gunakan saat anda membutuhkannya untuk memasak sehari-hari.

10.   Oven dan Pemanggang Roti

Tak lengkap mengetahui fungsi mixer jika anda belum mengetahui oven. Oven juga biasanya diperlukan untuk memasak kue. Selain itu, jika anda bukan pencinta kue, oven ini bisa digunakan untuk menghangatkan makanan. Oven juga bisa digunakan untuk merebus sayur-sayuran, memasak ikan laut hingga memanggang ayam.

Selain oven, ada pula pemanggang roti yang cocok digunakan oleh anda yang suka sarapan roti tawar di pagi hari. Ada pula alat masak modern untuk waffle dan pancake.

11.   Blender

Blender merupakan salah satu alat yang terkenal digunakan untuk membuat jus dan smoothies. Tetapi, blender juga memiliki manfaat lain, yakni menghaluskan bumbu-bumbu dan bahan masakan. Blender biasanya digunakan untuk mengolah bahan makanan yang cenderung lunak, atau bahan makanan yang memiliki kandungan air tinggi di dalamnya, bahkan untuk santan.

Beberapa peralatan masak dan fungsinya yang telah dijelaskan memang belum mencangkup semuanya. Namun, peralatan masak yang wajib anda tahu telah terangkum di atas. Yang perlu anda tahu kemudian adalah bahan-bahan yang baik untuk alat masak di dapur, mulai dari stainless steel, plastic, polypropelene hingga kayu.