Ternyata Ini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Pria

Dikenal dengan buah yang bersisik, buah salak merupakan jenis buah yang hidup di iklim tropis. Buah salak memiliki citarasa manis dan agak asam. Dirangkum dari berbagai sumber terpercaya, buah salak ternyata memiliki khasiat dan manfaat kesehatan bagi tubuh jika dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

Namun santer beredar bahwa mengkonsumsi buah salak bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Apa benar?

Apa itu penyakit gangguan pencernaan?

Gangguan pencernaan adalah masalah yang terjadi pada salah satu organ sistem pencernaan, atau lebih dari satu organ pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan terdiri dari sejumlah organ, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Alodokter

Karena adanya asumsi ini, banyak orang ragu untuk mengkonsumsi buah salak.

Menurut pandangan medis, salak justru sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan masalah pencernaan, selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan masih dalam keadaan bagus atau tidak busuk.

Jadi apakah masih ragu utnuk mengkonsumsi buah salak, saya rasa tidak.

Buah salak mengandung sejumlah nutrisi seperti kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten. Salak dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan.

Lantas apa yang menyebabkan gangguan pencernaan dapat menyerang tubuh kita?

Sedikitnya ada 4 faktor yang menyebabkan gangguan pencernaan :

  1. Banyak mengkonsumsi makanan pedas
  2. Banyak mengkonsumsi makanan yang asam
  3. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak
  4. Mengkonsumsi susu atau olahan produk susu lainnnya juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan bagi mereka yang didiagnosis mengalami intoleransi laktosa

Buah Salak mengandung kalsium, fosfor, potasium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan karbohidrat. Kandungan tersebut membuat salak kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah salak yang cukup tinggi dapat menjaga mata tetap sehat. Juga ada kandungan beta karoten yang juga senyawa yang dibutuhkan mata.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Vitamin B pada buah salak bisa menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Dengan mempunyai daya tahan yang baik, kita dapat beraktivitas dengan baik pula.

3. Menambah stamina

Bagi para pria inilah baiknya ketika Anda mengonsumsi buah salak. Karbohidrat yang terkandung dalam buah salah dapat menambah tenaga dan stamina agar bisa beraktivitas dengan baik. Manfaat ini pun berlaku bagi para perempuan.

4. Kesehatan jantung

Salak diketahui tidak mengandung kolesterol, tapi mengandung kalium. Hal ini pun akan berefek pada kesehatan jantung Anda. Selain itu, salak juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Menghindarkan tubuh dari penyakit kronis

Atioksidan yang dimiliki salak juga bisa menghindarkan Anda dari beragam penyakit kronis, tak hanya jantung. Sebab, antioksidan bisa menghambat terjadinya peradangan di dalam tubuh. Dengan demikian, salak bisa menghindarkan Anda dari diabetes dan stroke karena bisa mencegah penumpukan sel radang,

6. Menjaga kesehatan pankreas

Di dalam salak, ada kandungan yang bisa meregenerasi sel pankreas pada pria. Sebagaimana diketahui, pankreas yang sehat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Sebab, penderita diabetes tidak bisa menghasilkan insulin yang normal akibat penurunan fungsi sel pankreas.

Itulah deretan manfaat makan buah salak untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Tertarik mencobanya? Anda pun tidak perlu khawatir kesulitan dalam membuka kulitnya, sebab, meski bersisik seperti ular, sebenarnya buah ini masih cukup mudah untuk dikonsumsi.