Belajar Memasak : Panduan Singkat yang Wajib Dibaca Jika Kamu Adalah Pemula

Kalau kamu nggak bisa masak nanti suami kamu bagaimana? Anak-anak kamu siapa yang ngasih makan? Belajar masak itu penting lho!

Kan sekarang sudah ada layanan makanan online. Tinggal pesan aja makanan akan diantar. Kok harus belajar masak segala.

Belajar masak tidaklah mudah bagi sebagian orang karena banyak teknik-teknik memasak yang sulit dikuasai. Apalagi adanya rasa malas untuk belajar.

Terkadang karena ribet.

Terlebih bagi para ibu muda jelas memiliki tantangan sendiri.

Apalagi jika ketika ingin memasak dan membaca resep biasanya banyak istilah-istilah teknik memasak yang mungkin masih asing.

Tapi apakah kamu sudah mengathui, kalau memasak sendiri itu selain bisa menghemat pengeluaran, sekaligus bisa juga menghilangkan stres?

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk belajar memasak?

Belajar memasak adalah cara belajar yang praktek langsung bukan hanya sekedar teori. Karena jika hanya belajar masak dari teori saja bisa dipastikan kamu tidak akan bisa memasak sampai kapan pun.

Pertama kamu harus memiliki peralatan memasak. Ya, ini adalah komponen paling utama yang harus dimiliki.

Karena sudah saya katakan diatas tadi. Bahwa belajar memasak harus langsung praktek. Untuk praktek pasti kita membutuhkan alat. Alat dasar memasak itu seperti kompor, wajan, pisau atau secara lengkapnya adalah peralatan dapur.

Setelah kamu sudah memiliki peralatan tersebut. Barulah kita mulai untuk belajar memasak.

Mulailah untuk lebih dulu mempelajari teknik dasar-dasar memasak.

Kamu bisa mulai dengan mengetahui nama peralatan memasak dan mengatahui fungsi, cara dan kapan harus menggunaknnya. Karena beda alat pasti beda fungsi dan cara penggunaanya.

Misalnya saya contohkan kamu ingin menggoreng ikan. Alat yang kamu butuhkan adalah wajan bukan panci.

Namun ada kalanya kamu menggunakan panci untuk menggoreng ikan dengan teknik deep friying. Untuk membuat gorengan lebih renyah.

Langkah selanjutnya adalah mengetahui nama-nama bumbu dan bahan masakan serta bagaimana mengolahnya. Ini penting. Karena tidak semua bumbu dapat kita gunakan untuk memasak bahan masakan.

Bahan masakan itu bisa sayuran atau daging-dagingan.

Sedangkan bumbu masakan itu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, garam, merica, ketumbar dan sebaginya.

Perlu diingat.

Tidak semua bumbu dapat dipakai untuk mengolah bahan masakan. Kita ambil contoh yang mudah saja.

Kamu ingin menumis kangkung. Tapi kamu menggunakan ketumbar. Saya yakin pasti tumias kangkung yang kamu masak rasanya tidak karuan.

Selanjutnya adalah mempelajari teknik-teknik dasar memasak.

Teknik memasak ini wajib kamu kuasai jika kamu ingin mahir dalam memasak. Karena dengan teknik masak yang baik pasti akan menghasilkan masakan yang enak.

Berapa lama merebus sayuran? Bagaimana agar cangkang telur dapat dikupas dengan mudah dan tidak lengket dengan dagingnya?

Diatas adalah sebagain contoh dasar dari teknik memasak.

Jika kamu merebus sayuran terlalu lama pasti kandungan nutrisi dalam sayuran akan berkurang atau bahkan hilang! Karena itu dalam belajar memasak. Menguasai teknik memasak adalah hal penting dan wajib.

Setelah semuanya kamu pelajari. Saatnya untuk mencoba memasak.

Cobalah lebih dahulu untuk mencoba memasak suatu yang mudah. Contohnya adalah memasak air. Lalu cari resep masakan yang mudah untuk diikuti dan mencobanya.

Karena memasak adalah belajar praktek langsung. Pada tahap awal belajar pasti masakan yang kamu coba tidak berhasil. Namun jangan patah semangat teruslah berusaha sampai berhasil.

Tipsnya jika kamu menemukan resep yang ingin kamu coba. Kamu harus benar-benar mengikuti resep dan langkah memasak. Jangan sekali-kali kamu merubah bahannya. Sampai kamu mengerti betul apa fungsi bahan dan proses kimiawinya.

Terakhir teruslah belajar. Jangan cepat bosan belajar memasak. Jika dilakukan dengan baik. Selain kamu bisa masak. Memasak juga bisa menggiring kamu untuk memulai usaha baru.

Credit gambar : Pexels